Bupati Resmikan Kampung KB Drojogan Adikarto Muntilan

Dilihat 2766 kali
Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP resmikan Kampung KB Dusun Drojogan Desa Adikarto Muntilan, Kamis (4/4/2019).

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP meresmikan Kampung KB di Dusun Drojogan Desa Adikarto Muntilan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (4/4/2019). Kedatangan Bupati disambut meriah dengan kesenian Topeng Ireng, dilanjut dengan pengguntingan pita, dan pertunjukan Senam Jantung Sehat oleh para lansia. Dalam kesempatan ini Bupati juga meninjau pameran berbagai produk lokal berupa makanan, hasil bumi, dan kerajinan.

Bupati menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Magelang sangat serius melaksanakan upaya-upaya pembangunan di bidang kependudukan dan peningkatan kesejahteraan warga masyarakat, salah satunya dengan program Pencanangan Kampung KB secara bertahap. 

Penduduk Kabupaten Magelang pada 2018 mencapai 1.283.405 jiwa, merupakan tanggung jawab dan tantangan bagi pemerintah daerah serta stakeholders, agar ketersediaan penduduk dan angkatan kerja yang melimpah ini bisa diarahkan menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan handal di masa kini dan mendatang. Untuk mewujudkan Generasi Emas 2045. Dimana, setelah 100 tahun Indonesia merdeka jumlah penduduk Indonesia diperkirakan 70% nya berada pada usia produktif (15-64 tahun). 

Oleh karena itu di setiap pencanangan Kampung KB sekaligus diresmikan Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) sebagai media pusat data untuk memotret keadaan awal kondisi penduduk juga memantau perkembangan setelah dilakukan intervensi, terutama dari sisi kesejahteraan secara umum. 

"Hal-Hal yang berkaitan dengan keluarga selanjutnya dilakukan intervensi lintas sektor. Rumah Dataku ini bersifat dari, oleh dan untuk warga desa. Warga desa pulalah yang input, update, mengelola dan melaporkan. 

Karena itu mengingat pentingnya data tingkat desa maka diharapkan Pemerintah Desa dapat memfasilitasi pendataan ini melalui anggaran Dana Desa. Sudah saatnya pemanfaatan anggaran dana desa ini tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur tapi juga dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, karena penduduk adalah obyek dan subyek pembangunan, sekaligus pelaku dan penerima manfaat hasil pembangunan," jelasnya. 

Acara tersebut turut dihadiri Sesepuh Desa Adikarto, Kyai Muhajir, Misbah Ali, Forkopimcam yang diwakili Wakapolsek Muntilan Iptu Hartoyo, dan Kapten Arhanud Suhadi dari Dandim 0705/Magelang, Kepala Badan Pusat Statistik, Para Kepala SKPD, Kepala Dinsos PPKB PPPA, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aslimah Edi Cahyana, Camat beserta Kepala UPTD, Para Penyuluh KB se Kabupaten Magelang. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar