Perayaan Waisak Ditiadakan, Candi Mendut dan Borobudur Lengang

Dilihat 486 kali
Candi Mendut sepi karena perayaan Waisak ditiadakan

BERITAMAGELANG.ID - Sehari menjelang  perayaan hari Tri Suci Waisak 2564 BE/2020, kawasan Candi Borobudur dan Mendut Kabupaten Magelang terlihat lengang dan tak ada aktivitas apapun. Tahun ini, DPP Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) tidak mengadakan perayaan Waisak di kedua candi tersebut.


"Iya kami telah menerima surat pemberitahuan dari DPP Walubi, bahwa tahun ini tidak menyelenggarakan perayaan Tri Suci Waisak baik di candi Borobudur maupun Mendut," kata Sekretaris PT Taman Wisata Candi (TWC) Emilia Untari di kantor TWCB, Rabu (6/5).


Emilia mengatakan, pihaknya dalam hal ini bukan sebagai penyelenggara, melainkan hanya ketempatan saja. Sehingga TWCB hanya mengikuti, apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini.


Emilia yang didampingi GM PT TWCB, I Gusti Putu Ngurah Sedana, menjelaskan, DPP Walubi tidak mengadakan perayaan Tri Suci Waisak lantaran mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. 


Dalam suratnya, Walubi meminta agar seluruh majelis-majelis dan umat Budha di seluruh dunia untuk berdoa dan merayakan kelahiran, tercapainya penerangan sempurna dan kematian sang Budha Gautama itu di rumah masing-masing.


Surat itu ditandatangani Ketua Harian DPP Walubi Bikhu Pabhakaro Maha Thera dan Sekjen Bhiku Khanit Safifiano. Surat itu juga ditembuskan kepada Gubernur dan Kapolda Jateng berikut jajarannya.


Menurut Emilia, pihaknya juga melarang bila ada umat Budha yang akan mengadakan perayaan Waisak. Sebab sampai saat inipun, destinasi wisata masih ditutup hingga 13 Mei 2020. Namun demikian, pihaknya masih tetap menunggu perkembangan lebih lanjut, dan akan terus mengikuti imbauan dari pemerintah terutama pemerintah daerah.


Kentiyono, pengurus Griya Vipassana Avalokitesvara, Bojong Mendut Kabupaten Magelang membenarkan pihaknya menerima surat dari DPP Walubi tentang peniadaan perayaan Tri Suci Waisak.


Ia mengatakan, biasanya DPP Walubi menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka Waisak, seperti baksos pengobatan gratis dan  pemberian sembako. Sehari menjelang perayaan, di Candi Mendut diadakan persemayaman Air Suci dari Umbul Jumprit Temanggung serta Api Abadi dari Mrapen Grobogan Jateng. Namun tahun ini, ribuan umat Budha dari seluruh Indonesia dan luar negeri harus menjalani peringatan Waisak dari rumah masing-masing.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar