Perangkat Desa Antusias Ikuti Pelatihan Teknik Dasar Komputer

Dilihat 1540 kali
BERITAMAGELANG.ID - Perangkat desa di Kabupaten Magelang antusias mengikuti pelatihan teknik komputer dasar yang diselenggarakan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang. Setelah menyerap materi teori, mereka langsung praktik.

"Walau kami sibuk, kami semangat untuk belajar," kata peserta pelatihan dari Desa Dukun, Kecamatan Dukun, Aris Supriyanto.

Ia menuturkan, pelatihan ini gratis, namun berkualitas. Dirinya mendapat banyak ilmu baru.

"Kalau sebelumnya belajar otodidak, sekarang benar-benar belajar, dan banyak ilmu baru yang saya dapat di sini," tutur pria yang juga Kasi Pelayanan di Kantor Desa Dukun itu.

Dua hari belajar, ia mendalami materi berbeda. Microsoft Word untuk urusan surat-menyurat. Sedangkan materi Microsoft Exel untuk menghitung laporan keuangan.

"Ilmu dari sini, bisa ditularkan ke teman-teman yang lain. Bermanfaat juga untuk diri sendiri, terutama saat melayani masyarakat, supaya makin cepat. Kalau ada pelatihan lagi, saya pasti ikut," imbuhnya.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Untung Supriyadi mendapat banyak usulan agar pelatihan tersebut berlanjut. Tentunya dengan materi berbeda. Dirinya pun bersedia.

"Tapi kami selesaikan dulu pelatihan dasar ini, karena sampai Februari jadwalnya sudah penuh," tuturnya.

Dia telah mengandeng 30 desa untuk mengikuti pelatihan tersebut. Adapun muara dari pelatihan ini adalah terciptanya pelayanan masyarakat yang cepat, dan tepat.

"Setelah pelatihan ini, kami juga melayani pertanyaan peserta melalui pesan whatsapp, ada tim yang siap menjawab," imbuhnya.

Menurut Untung, pelatihan ini merupakan program unggulan "SMK Bangun Desa" yang diluncurkan sejak 2019 lalu. Ia juga melibatkan siswa untuk menjadi instruktur.

"Program pengabdian desa ini akan terus ada sebagai wujud komitmen kita dalam melayani Indonesia," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar