Rakit Kotak Suara, KPU Libatkan Warga Sekitar

Dilihat 1673 kali
PERAKITAN. Pekerja harian lepas sedang melakukan perakitan kotak suara di Gudang Logistik KPU Kabupaten Magelang, Deyangan Mertoyudan Magelang, Jawa Tengah.

BERITAMAGELANG.ID - Logistik Pemilu saat ini dalam proses perakitan Kotak Suara yang berbahan kardus. Seperti yang terlihat di salah satu gudang logistik KPU Kabupaten Magelang, di Gedung Serba Guna Komplek Balai Desa Deyangan Mertoyudan, Jawa Tengah. Total Kotak Suara berjumlah 21.688 dan perakitan dimulai sejak Senin 11 Februari 2019.


Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffudin mengungkapkan proses perakitan kota suara dan pelipatan surat suara dilaksanakan dengan pengamanan petugas Kepolisian.


"Di semua gudang logistik KPU dikawal petugas Kepolisian, jadi keamanan terjamin saat perakitan kotak suara dan pelipatan surat suara," tegas Afifudin saat ditemui Berita Magelang, Rabu (13/02).


Selain di Deyangan, Gudang KPU Kabupaten Magelang juga tersebar di beberapa titik, yaitu di Dusun Keji dan Sedayu, Muntilan; GOR Gemilang, Donorojo, Pasuruan, Banyurojo dan Mertoyudan.


"Kebetulan untuk Gudang Deyangan masih melakukan perakitan kotak suara. Sedangkan gudang logistik di GOR Gemilang sudah mulai melakukan pelipatan surat suara.


Jadwalnya bisa berbeda, namun harus sudah selesai dalam satu bulan ini," imbuh Tim logistik KPU Gudang Deyangan, Ayub Arosyid.


Salah satu buruh harian perakitan kotak suara, Syafii, warga Deyangan mengatakan ini kali pertamanya merakit kotak suara. Sebelumnya ia hanya dilibatkan melipat surat suara.


"Biasanya KPU memberdayakan warga sekitar untuk ikut melipat surat suara, saya sudah tiga kali Pemilu menjadi tenaga harian. 


Kali ini bersama 10 warga merakit kotak suara. Satu kotak suara dirakit memerlukan waktu lebih kurang dua menitan," ucap Syafii sambil merakit kotak suara.


Petugas harian melakukan perakitan pada pukul 08.00-12.00 WIB, kemudian dilanjutkan pukul 13.00-16.00 WIB.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar