Rangkaian Perahu Hias Meriahkan Festival Kali Elo

Dilihat 2128 kali
Masyarakat antusias menonton perahu hias dalam rangkaian kegiatan Festival Kali Elo.

BERITAMAGELANG.ID - Animo masyarakat untuk menyaksikan perahu hias sangat tinggi, dalam rangkaian Festival Kali Elo. Hal tersebut terbukti saat pelepasan start puluhan perahu hias di starting point Pare Blondo hingga finish di Kaling Kalih, Mendut, Jumat (5/7).


Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, mengatakan, dengan mengangkat tema meyayangi Kali Elo, sungainya lestari dan membawa kesejahteraan masyarakat yang diharapkan akan mendapatkan manfaat dari sungai tersebut.


"Tema Sayangi Elo, mengajak masyarakat peduli dengan Kali Elo. Kegiatan kita juga banyak yang berkaitan dengan lingkungan atau pariwisata berbasis lingkungan," ucap Iwan.


Dalam parade perahu hias tersebut, tidak sekedar parade saja, tetapi banyak pesan yang disampaikan lewat perahu hias yang mayoritas berbentuk hewan sungai.


Seperti ajakan untuk tidak mencari ikan dengan setrum listrik atau racun, dilarang berburu biawak kali, budayakan gemar makan ikan dan lain sebaginya. Bahkan ada perahu hias yang dihias ikan dari tumpukan botol plastik bekas, seolah mengajak masyarakat menjaga sungai dari bahaya sampah plastik.


Budayawan dan pegiat wisata Magelang, Tri Yudho Purwoko, yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengatakan, animo peserta maupun penonton luar biasa. Harus diakui ini benar-benar event yang berhasil dan sangat bagus, dan harus dijadikan agenda tahunan sebagai andalan alternatif destinasi wisata.


Dimana kandungan dalam festival ini ada tiga unsur yang dominan, yaitu petualangan, seni budaya dan kearifan lokal, dan itu merupakan unsur dominan yang diperlukan dalam dunia pariwisata di samping edukatif.


"Ke depan dapat diperluas peserta festival, misalnya dari daerah lain yang memiliki aktivitas arung jeram. Yang lebih penting sosialisasi penyelenggaraan event harus dilakukan dari jauh-jauh hari dan dengan maksimal, sekali lagi harus diakui ini adalah event cemerlang.


Monggo cari alternatif event- event lain yang mempunyai potensi besar seperti event Festival Kali Elo ini. Selamat untuk para pegiat pariwisata Magelang Raya," kata dia. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar