Pentas 10 Ribu Penari Soreng Magelang Akan Pecahkan Rekor MURI

Dilihat 226 kali
Kesenian Soreng khas Kabupaten Magelang saat tampil dalam Karnaval Budaya Kota Mungkid, (19/8)

BERITAMAGELANG.ID - Merayakan Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kabupaten Magelang akan menyelenggarakan pentas tari soreng. Uniknya, pentas soreng kali ini akan menampilkan sedikitnya 10.000 penari dan didaftarkan dalam pemecahan rekor MURI. 


Menurut rencana, pemecahan rekor MURI penari Soreng terbanyak akan digelar di sepanjang jalan Soekarno Hatta Kota Mungkid mulai jam 09.00 WIB, Senin (28/10).


Event ini sesuai arahan Bupati Magelang, yakni dalam rangka melestarikan kebudayaan khas peninggalan nenek moyang yang hidup dan berkembang di antara lereng Gunung Merbabu dan Gunung Andong Kabupaten Magelang.


"Dan dalam rangka menegaskan kembali cita-cita dan pergerakan kemerdekaan Indonesia melalui ikrar Sumpah Pemuda," ujar Plt Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husein dalam keterangan rilisnya, Selasa (8/10).


Menindaklanjuti arahan tersebut, lanjut Husein, pihaknya telah berkoordinasi dengan Museum Rekor Indonesia sebagai permohonan pendaftaran pencatatan rekor penari Soreng terbanyak.


Tari Soreng merupakan kesenian asli masyarakat Jawa, pengejawantahan babad atau cerita rakyat yang diadopsi dari kisah Aryo Penangsang dan para prajuritnya. 


"Kesenian ini lazim dimainkan dalam upacara adat atau hajatan besar," imbuh Husein. 


Gerakannya diambil dari tari keprajuritan yang disederhanakan dan dilakukan secara berkelompok atau massal. 


"Gerakan tarian ini menyiratkan seperti sedang berlatih bela diri dan didominasi gerakan kaki seperti perang berkuda," ujarnya mengakhiri.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar