Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Ngluwar

Dilihat 1070 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memberikan arahan pada acara Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Ngluwar

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang Zaenal Arifin menekankan, sinergitas dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan desa, menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan di desa. Tanpa adanya partisipasi masyarakat, maka pembangunan itu tidak dapat mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditentukan. Hal ini disampaikan pada saat acara pembukaan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Ngluwar yang dihadiri oleh Forkompimda, OPD terkait dan Forkopimcam Kec. Ngluwar di Gor Desa Jamuskauman Kecamatan Ngluwar, Rabu (14/12/2022).

"Oleh karena itu, untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat diperlukan adanya pemimpin yang dapat mendorong dan memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunan desa," kata Zaenal.

Zaenal mengatakan, Kepala Desa sebagai pemimpin formal di desa merupakan administrator pemerintah, administrator masyarakat, dan administrator dalam pembangunan, dimana dalam hal pembangunan ini, Kepala Desa memiliki peranan penting dalam menumbuhkan, meningkatkan dan menggerakkan partisipasi masyarakat desa.

"Kepala Desa dapat berperan nyata dalam proses kegiatan pembangunan di desa, dengan cara memberikan arahan, binaan ataupun penyuluhan kepada masyarakat desa tentang arti pentingnya pembangunan desa bagi kelangsungan hidup masyarakat," ujarnya.

Ia juga berpesan agar setiap sumber dan penggunaan dana di Desa bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang ada, demi terhindar dari permasalahan hukum di kemudian hari.

Sementara itu, Kepala Desa Ngluwar Sunandar Widiyanto dalam laporannya menyampaikan, tujuan acara ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Kepala Desa dan perangkat desa dalam pelayanan di masyarakat, juga meningkatkan kualitas kinerja dalam pelaksanakan tugas pokok kepala desa dan perangkat desa.

Kegiatan ini diikuti oleh 105 peserta yang terdiri dari Kepala Desa dan perangkat desa yang akan diadakan selama 3 hari mulai tanggal 14-15 desember 2022.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar