Penilaian FLS2N Secara Daring di Tengah Pandemi Covid-19

Dilihat 1807 kali
VIDEO. Penilaian lomba pidato Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2020 di Kabupaten Magelang, juri menilai video peserta yang telah diunggah di Youtube.

BERITAMAGELANG.ID-- Ditengah pandemi Covid 19, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2020 di Kabupaten Magelang akhirnya digelar secara semi daring dan daring atau online pada Selasa (11/8/2020). Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin mengatakan FLS2N 2020 ini pesertanya adalah siswa SMP sederejat. 


"Kurang lebih sebanyak 22 cabang lomba, dan lima sudah hari ini kita mulai nilai. Seyogyanya kegiatan ini dilakukan Maret 2020 kemarin, namun karena pandemi jadi baru sekarang bisa dilakukan dan secara daring," ucap Aziz saat meninjau pelaksanaan penjurian, lomba pidato bertempat di SMPN 2 Mungkid, Selasa (11/8/2020).


Cabang lomba tersebut antara lain cipta dan praktek puisi, pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Cerpen, Essay dan lain sebagainya. Acara penilaian ini dilakukan di beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Magelang secara online.


Menurut Aziz, kegiatan ini istilahnya adalah non akademi bagi siswa SMP sederajat se Kabupaten Magelang. Namun hakikatnya hal ini adalah memberikan pelayan hak anak untuk berekspresi dan meningkatkan minat bakat siswa.


"Pandemi Covid tidak merupakan tantangan kita atau halangan kita untuk tetap berekspresi. Apalagi ke depan selain memberikan pengalaman berkompetisi, serta ada point prestasi untuk siswa ke jenjang berikutnya," ungkap Aziz.


Aziz mengatakan, dengan ditundanya FLS2N Tahun 2020 ini dan berhentinya pembelajaran tatap muka di sekolah, membuat terjadinya penurunan peserta.


"Akibat Covid ini pelajar memang banyak perubahan signifikan. Peserta kegiatan ini juga menurun meskipun tidak ektrem, sekitar 5-10 persen penuruan jumlah peserta. Semoga tahun depan lebih maksimal lagi, karena FLS2N ini adalah ajang mandiri Disdikbud Kabupaten Magelang yang diadakan setiap tahunnya. Dan kreativitas anak lebih maksimal dan banyak lagi," pungkas Aziz.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar