Pengusaha Kuliner Wajib Memperhatikan Kebersihan Makanan Dan Sanitasi Lingkungan

Dilihat 313 kali
Bimtek CHSE untuk toko oleh-oleh dan cinderamata di Grand Artos Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Zainatul Malikah mengungkapkan kesehatan masyarakat ditentukan empat faktor, yakni keturunan, pelayanan kesehatan, perilaku dan lingkungan. 

 

Terkait pengolahan makanan bagi pengusaha kuliner di bidang pariwisata, harus memperhatikan kebersihan makanan, termasuk sanitasi lingkungannya. 

 

Sangat dianjurkan, bagi pengusaha kuliner lokasinya jauh dari tempat pembuangan sampah dan daerah industri. 

 

"Di sisi lain, tempat produksinya juga harus kuat, kokoh, ventilasi dan sirkulasi udaranya lancar, tempat pembuangan sampah ada dan air serta sanitasinya juga lancar," ujar Zainatul dalam bimbingan teknis program Cleanliness Health Safety dan Environment Sustainability (CHSE) di Hotel Grand Artos Magelang, Kamis (3/12/2020).

 

Selain lokasi, kata Zainatul, tenaga produksinya juga harus diperhatikan. Diantaranya harus pakai sarung tangan, masker dan rambut tertutup. 

 

"Saat produksi, tidak boleh merokok dan pakai perhiasan. Intinya selalu jaga kebersihan diri, agar olahan makanan yang dihasilkan bener-bener higiens," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar