Pengunjung Tidak Perlu Sewa Guide Untuk Masuk Zona 1 Candi Borobudur

Dilihat 2198 kali
BERITAMAGELANG.ID - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko bersama Balai Konservasi Borobudur (BKB) sepakat menetapkan penggunaan guide di halaman zona 1 Candi Borobudur sudah tidak diberlakukan lagi mulai 15 Desember 2020. Keputusan ini diambil saat rapat koordinasi dan evaluasi terkait penerapan pengaturan kunjungan di Candi Borobudur. 

Aturan ini berlaku hingga disahkannya perubahan protap kunjungan ke zona 1 Candi Borobudur di era adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 oleh Dirjen Kebudayaan.

Selama masa pandemi, kebijakan pengaturan kunjungan di Taman Wisata Candi Borobudur disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan yang berlaku untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung sesuai dengan standarisasi CHSE, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dengan fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola destinasi.

Dalam hal ini, BKB telah menetapkan protap terkait kebijakan pendampingan guide bagi pengunjung yang akan naik ke Zona 1 Candi Borobudur di awal masa pandemi dengan tujuan untuk meningkatkan nilai edukasi dan pendampingan monitoring protokol kesehatan. 

Kendati demikian, pada penerapannya, implementasi dan efektivitas penggunaan guide yang dimaksud tersebut masih dirasa belum sesuai dengan ekspektasi pengunjung dan pelaku pariwisata.

PT TWC menerima laporan dari pengunjung dan pelaku pariwisata yang menyampaikan keluhan di sosial media, atas ketidaknyamanannya dalam melakukan kunjungan di Candi Borobudur, terutama kaitannya dengan kewajiban pengunjung menggunakan jasa guide berbayar jika akan memasuki area halaman Zona 1. 

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam kunjungan tersebut, dan saat ini telah dilakukan evaluasi bersama dengan Balai Konservasi Borobudur untuk menentukan kebijakan yang lebih sesuai," ujar Sekretaris Perusahaan TWC, Emilia Eny Utari, Selasa (15/12/2020).

Hal senada juga diungkapkan Kepala BKB, Wiwit Kasiyati yang mengatakan tujuan awal penerapan guide di Kawasan Candi Borobudur sebenarnya untuk meningkatkan kualitas kunjungan di masa pandemi ini.

"Pada pelaksanaannya terjadi ketidaksesuaian. Kami selaku pengelola zona 1 dan zona 2 telah mengevaluasi protap dimaksud untuk disesuaikan dengan kondisi saat ini," terangnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar