Pengembangan Bibit Hortikultura Terapkan Teknik Kultur Jaringan

Dilihat 1588 kali
Kegiatan “Diseminasi Teknologi Kultur Jaringan, untuk Pengembangan Benih Tanaman Holtikultura Pada Kebun Bibit Krandan Ciblon Papringan (KCP) di Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Wilayah Salaman Kabupaten Magelang telah dikenal sebagi sentra bibit berbagai macam tanaman. Salah satu pembibit tanaman adalah kelompok tani Dadi Berkah dan KCP Krandan Ciblon Papringan di Dusun Kebonkliwon, Desa Kebonrejo Kecamatan Salaman. Dari sentra pembibitan buah, kini mengembangkan Agro Edu Wisata (AEW) Krandan Ciblon Papringan (KCP). Salah satu unggulan bibit di sini adalah durian.


Para anggota Poktan tersebut secara turun temurun menggeluti pembibitan tanaman. Permintaan bibit durian terus meningkat dari hari ke hari. 


Namun, permintaan yang meningkat ini tidak berbanding lurus dengan tenaga petani pembibit tanaman. Kerena itu para petani sangat berharap adanya teknologi pembibitan massal yang mudah, cepat, dan berkualitas.


Sebagai mitra binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Semarang (UNNES), Poktan Dadi Berkah dan KCP Agropark tahun ini difasilitasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan kegiatan Diseminasi Teknologi Kultur Jaringan, untuk Pengembangan Benih Tanaman Holtikultura Pada Kebun Bibit Kradan Ciblon Papringan (KCPP) di Kabupaten Magelang. 


Acara yang bertempat di Krandan Ciblon Papringan (KCP) Agroprak, Sabtu (20/11)ini,  diikuti oleh para petani anggota Poktan Dadi Berkah dan KCP di Kabupaten Magelang. Kegiatan dilakukan secara tatap muka dengan jumlah terbatas. 


Hadir dalam kegiatan ini ketua tim program Kultur Jaringan Untuk Pengembangan Benih Tanaman Holtikultura Pada Kebun Bibit Krandan Ciblon Papringan (KCP) Agropark Di Kabupaten Magelang, Eka Yuli Astuti, LPPM UNNES beserta tim yang terdiri dari beberapa dosen UNTIDAR Magelang.


Dalam kegiatan ini, dilakukan praktek penerapan teknis pembibitan pisang cavendish, porang, vanili dan tanaman holtikultura lainnya. Selain itu dilakukan pelatihan pembibitan durian dengan Ateknik kultur jaringan. Mulai dari dasar-dasar teknis kultur tunas, bahan baku produksi dan sampai pada praktek lapangan yang dipandu oleh pakar kultur jaringan yakni Tukang Kultur.


Eka Yuli Astuti dalam kesempatan itu menerangkan program ini bertujuan meningkatkan kemampuan mitra Kelompok Tani Kebun Bibit Krandan Ciblon Papringan Agropark dalam teknis pembibitan pisang cavendish dan tanaman hortikultura sesuai dengan standar bebas penyakit sistemik. 


Peserta kegiatan mempraktekkan secara langsung cara pengembangan benih tanaman holtikultura yang dipandu oleh tim.


Sajidun, Kades Kebonrejo mengatakan teknologi kultur jaringan ini sudah sangat lama diharapkan oleh masyarakat di desanya. 


"Seperangkat Alat Laboratorium Kultur Jaringan dan pelatihan pembibitan dengan teknik kultur jaringan yang diberikan UNNES dan BRIN pasti sangat bermanfaat untuk kami. Tentu kami ingin terus didampingi dan KCP Agropark akan menjadi pusat tempat pelatihan kultur jaringan untuk petani di Magelang," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar