Penerimaan Online Siswa Baru Dimulai Hari Ini

Dilihat 536 kali
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin
BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 26 ribu kuota siswa baru jenjang SD dan SMP dibuka pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Magelang tahun ajaran 2020/2021. Sistem PPDB sendiri dibuka secara online mulai hari ini, Kamis (4/6/2020).

"Proses PPDB jenjang TK, SD, dan SMP akan dilakukan secara online semuanya," terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin, Kamis (4/6/2020).

Jenjang SMP akan dibuka hari Kamis sampai Sabtu. Sementara jenjang TK dan SD dibuka 9-11 Juni, lalu analisis calon siswa pada tanggal 12 Juni yang dilanjutkan dengan pengumuman pada 13 Juni 2020.

Lebih lanjut, Aziz menerangkan pendaftaran PPDB sendiri dilaksanakan melalui jalur zonasi, afirmasi, mutasi atau perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi. Sementara kuota yang disediakan sesuai jenjangnya berbeda-beda.

Jenjang TK dan SD pembagian zonasinya 80 persen, afirmasi 15 persen, mutasi atau perpindahan orang tua 5 persen. 

"Sedangkan pada jenjang SMP jalur zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen dan prestasi 30 persen. Kuota jalur zonasi termasuk bagi anak penyandang disabilitas," paparnya.

Diketahui, daya tampung SD Negeri dalam PPDB tahun ini sebanyak 14.000 siswa. Sementara jenjang SMP Negeri 12.000 siswa. Aziz juga menegaskan bahwa untuk proses pendaftaran PPDB calon peserta didik baru jenjang TK/SD/SMP tidak ada pungutan biaya apapun (gratis). Biaya pelaksanaan PPDB akan dibebankan pada sekolah.

Untuk sekolah yang memiliki keterbatasan baik dalam IT maupun jarak, peraturan PPDB bisa fleksibel. Kendati demikian harus tetap sesuai dengan ketentuan dan protokol kesehatan.

Sekolah yang memiliki keterbatasan IT bisa dibantu oleh operator SD maupun SMP. 

"Jika tidak bisa online maka dapat dilakukan luring atau offline dengan protokoler kesehatan yang baik. Untuk proses PPDB online kami minta tiap sekolah bisa memperhatikan masalah jaringan internet dan sebagainya," pungkas Aziz.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar