Pendakian Gunung Sumbing Via Basecamp Butuh Di Buka Lagi

Dilihat 5357 kali
Jalur pendakian gunung Sumbing via Dusun Butuh Kaliangkrik
BERITAMAGELANG.ID - Sudah mendapatkan izin dari Bupati Magelang, Zainal Arifin, pendakian gunung Sumbing melalui basecamp Butuh Kecamatan Kaliangkrik, mulai hari ini dibuka lagi.  Hanya saja, para pendaki baru dibatasi 50 orang per hari. Mereka yang diperbolehkan  naik juga masih dibatasi dari Jateng dan DIY non zona merah.

Lilik Setyawan, Koordinator Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS) mengatakan, jalur pendakian via Butuh sudah dibuka lagi berdasar Surat Keterangan Izin Penyelenggaraan Kegiatan/Usaha dari Bupati Magelang No: 100/227/01.01/2020. "Maka mulai hari ini, Rabu (15/7/2020-red), jalur pendakian via Butuh kita buka lagi," kata Lilik.

Masih dalam masa pandemi Covid-19, para pendaki tetap harus mengikuti protokol penerapan 'New Normal' pendakian gunung Sumbing via Kaliangkrik.

Seperti wajib membawa surat keterangan sehat dari puskesmas asal atau Kaliangkrik, wajib memakai masker dan disinfektan, wajib cuci tangan dan jaga jarak.

Untuk rombongan pendaki maksimal 8 orang. Apabila jumlahnya dua personil (pria/wanita) maka wajib satu alamat dibuktikan dengan KTP. Untuk satu pendaki juga harus satu identitas dan usia minimal 15 tahun.

Sementara itu untuk tetap menjaga jarak, maka tenda kapasitas 4 personal hanya diperbolehkan digunakan untuk 2 personal saja.


Jalur pendakian Gunung Sumbing. (foto.dok)

        Para pendaki akan dilayani dari pukul 08.00 sampai 17.00 wib. "Untuk pendakian juga dibatasi maksimal 1 malam dengan waktu turun maksimal pukul 17.00 wib sampai basecamp," jelas Lilik.

Kadus Butuh itu juga menyampaikan, para pendaki maksimal memiliki suhu tubuh 37 derajat. Bila lebih maka tidak diperbolehkan naik. "Diam di basecamp atau pulang kembali ke rumah," tegas Lilik.

Menurut Lilik sudah mulai banyak pendaki yang menanyakan kapan jalur ini di buka lagi. Mereka menyukai jalur ini karena pemandangan yang sangat indah. Basecamp Butuh berada di tengah-tengah dusun Butuh yang sering di juluki 'Nepal' nya Magelang atau Nepalnya Jateng.

Dalam kesempatan itu, Lilik berpesan kepada calon pendaki, bila ingin naik gunung Sumbing, untuk mempersiapkan fisik sebaik mungkin, menjaga etika dan sopan santun serta mematuhi semua aturan pendakian yang ada dan protokol kesehatan yang sudah di tetapkan.

Calon pendaki juga bisa registrasi lebih dahulu via online melalui @reg.symphonysumbing.id.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar