Pencanangan Kampung KB Dan Rumah Dataku Lereng Merapi

Dilihat 1925 kali
Ketua TP PKK Tanti Zaenal Arifin didampingi Kepala Dinsos PPKB PPPA Retno Indriastuti dalam Pencanangan Kampung KB 'Suka Damai' Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Selasa (30/7).

BERITAMAGELANG.ID - Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Pemerintah Kabupaten  Magelang terus mencanangkan Kampung KB 'Suka Damai' dan Rumah Dataku di pemukiman tertinggi lereng Gunung Merapi Dusun Sumberejo, Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Selasa (30/7).


Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Retno Indriastuti mengatakan, pencanangan Kampung KB ini sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat dan berkualitas, guna tercapainya visi dan misi pembangunan kesehatan di Kabupaten Magelang.


"Kami berharap keberadaan Kampung KB ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas hidup, sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang lebih baik di masa mendatang," tutur Retno.


Retno menjelaskan, saat ini Indonesia telah mengalami perubahan demografi yang cepat, dimana jumlah penduduk usia produktif terus meningkat. Pada tahun 2019, diperkirakan jumlah penduduk Indonesia mencapai 266,91 juta jiwa dan akan mencapai puncak pada tahun 2030 hingga tahun 2045.


"Indonesia akan menjadi Aging Society dengan perkiraan penduduk tua sudah mencapai 14 persen. Sedangkan di Kabupaten Magelang sendiri sampai tahun 2018, jumlah penduduknya diperkirakan  mencapai 1.283.405 juta jiwa dengan berbagai macam persoalan yang masih dihadapi, diantaranya, perkawinan usia anak, keluarga PUS (Pasangan Usia Subur) tidak menggunakan kontrasepsi, dan kasus stunting anak balita yang masih cukup banyak," jelas Retno.


Berbagai program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga  (KKBPK) telah dilakukan dan menunjukan hasil yang menggembirakan. Diantaranya melalui pencanangan Kampung KB.


Di sisi lain, lanjut Retno, pembangunan SDM yang berkualitas juga menjadi salah satu agenda prioritas Presiden Joko Widodo karena pembangunan SDM merupakan kunci masa depan bangsa.


"Titik dimulainya pembangunan SDM adalah dengan menjamin kesehatan Ibu hamil, bayi, balita, dan anak usia sekolah," pesannya.


Usai meresmikan Kampung KB, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan dan pembukaan Rumah Dataku oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin didampingi Kepala Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti.


Dibangun secara swadaya, Rumah Dataku Desa Kaliurang ini terintergrasi dengan sekretariat Kampung KB. Fasilitas Rumah Dataku desa tertinggi di lereng barat Merapi ini akan dilengkapi sarana komputer dan peralatan pendukung aktivitas 2.652 jiwa dari 776 kepala keluarga.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar