Pemuda Muhammadiyah Fokus Pada Pemberdayaan Ekonomi Millenial

Dilihat 1889 kali

BERITAMAGELANG.ID - Program kerja Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang salah satunya akan fokus pada pemberdayaan ekonomi khususnya bagi kelompok generasi muda. Persoalan ekonomi menjadi tantangan besar dalam proses pembangunan baik di tingkat nasional maupun daerah. 


Demikian disampaikan Ketua Terpilih Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang dalam Musyawarah Daerah (Musyda) ke 17, Novi Setiaji Panuntun, di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Minggu (15/9).


"Pemerataan kesejahteraan dan keadilan ekonomi di antara kelompok masyarakat masih menjadi persoalan utama," ujar Novi.


Berbagai usaha dan upaya, lanjut Novi, perlu terus dilakukan dalam rangka mencari solusi bagi setiap persoalan kesenjangan ekonomi. Pemuda Muhammadiyah memiliki peran dan kontribusi bagi setiap upaya pemberdayaan ekonomi. 


"Sebagai sebuah organisasi kepemudaan, seluruh potensi kader dan jejaring yang ada khususnya di tingkat desa dan kecamatan mampu digerakkan  secara kolektif dalam sebuah gerakan pemberdayaan," harapnya.

 

Menurut Novi, menanamkan jiwa berwirausaha perlu ditanamkan sejak dini, potensi kader yang ada secara terus menerus akan dikenalkan dan dibimbing terkait ilmu berwirausaha dan jaringan untuk mengembangkannya. 


"Dengan berwirausaha maka kemandirian ekonomi akan dapat terwujud," tegasnya. 


Melalui berbagai pelatihan dan juga pengenalan jejaring yang nanti akan dilakukan, Pemuda Muhammadiyah bertekad untuk mencetak kader-kader yang memiliki kemandirian ekonomi melalui setiap aktivitas berwirausahanya.


"Ketika semangat untuk mewujudkan kemandirian ekonomi tertanam dalam setiap jiwa generasi muda, maka akan muncul pelopor-pelopor pemberdayaan yang mampu menjadi inspirasi di lingkungannya masing-masing, pemberdayaan adalah salah satu bentuk aktivitas dakwah dalam bidang ekonomi," tandasnya.


Musyda PD Pemuda Muhammadiyah yang berlangsung dua hari pada Sabtu - Minggu (14-15 September 2019) ini telah memilih 11 formatur. Selanjutnya 11 formatur tersebut diberikan mandat untuk menyusun kepengurusan PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang Periode 2019-2023.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar