Pemuda Brojonalan Desa Wanurejo Borobudur Gelar Pawon Night Market

Dilihat 397 kali
PAWON NIGHT MARKET. Pengunjung Pawon Night Market diperiksa suhu tubuh sebelum memasuki area kuliner.

BERITAMAGELANG - Pemuda Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, gelar Pawon Night Market. Sebuah kegiatan yang menyuguhkan pertunjukan musik akustik serta kuliner.


Bertempat di jalan Dusun Brojonalan, yang merupakan akses masuk ke Candi Pawon, pada Sabtu (8/8/2020). Yang diikuti oleh 40 pedagang kuliner yang merupakan warga dusun setempat.


Kepala Desa Wanurejo, Edi Suryantono, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menggugah lagi perekonomian warga, dikarenakan selama masa pandemi Covid ini, pendapatan warga dari sektor wisata menurun.


"Ini merupakan tugas dari Gugus Perekonomian Desa Wanurejo yang mendorong warga agar dapat segera memulihkan perekonomian, salah satunya dengan mendukung kegiatan ini. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, karena masih dalam masa pandemi Covid 19," ucap Edi.


Edi menambahkan, selain di Candi Pawon kegiatan kuliner juga diadakan di sekitar Balai Desa Wanurejo, yang mana puluhan pedagang kuliner menggelar dagangannya setiap malam.


"Namanya Pojok Kuliner Desa Wanurejo, sudah berjalan satu bulan ini. Hal itu juga bertujuan untuk memecah keramaian di kegiatan Pawon Night Market. Agar tidak terjadi kerumuman warga berlebihan," ungkap Edi.


Koordinator Acara Pawon Night Market, Zulfa Sodik, mengatakan, pihaknya melaksanakan tujuh protokol kesehatan dalam kegiatan tersebut. Mulai dari pemeriksaan suhu pengunjung dengan thermogun dipintu masuk, pengunjung wajib memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan dan lain-lain.


"Kami beri jarak lima meter antar pedagang, yang mayoritas berjualan kuliner ini. Kami juga menyediakan masker, dimana pengunjung yang lupa membawa masker bisa membeli ditempat. Karena jika tidak membawa masker tidak boleh masuk," terang Zulfa.


Adapun untuk anggaran Pawon Night Market, swadaya dari masyarakat setempat. Usai kegiatan akan dilakukan evaluasi terkait penyelenggaraan acara.


"Barometernya adalah malam ini, apakah kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali. Harapannya tetap aman karena melaksanakan protokol kesehatan. Kedepan Pawon Night Market bisa dilaksanakan setiap malam Minggu atau satu bulan sekali," tutur Zulfa.


Zulfa menambahkan, kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus ini.


"Di lokasi seputaran panggung utama, kami pajang dua kendaraan VW Safari, satu berwarna merah dan satu warna putih. Karena kegiatan ini juga merupakan peringatan Agustusan," papar Zulfa.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar