Pemprop Jateng Siapkan Lokasi TPST Regional Magelang

Dilihat 1686 kali
Depo pengolahan sampah desa. (dok.BM)

BERITAMAGELANG.ID-Permasalahan sampah seperti tidak ada habisnya, mengingat produksi sampah domestik tidak sebanding dengan lokasi tempat pembuangan sampah atau TPA. Hal tersebut jelas menjadi perhatian pemerintah bagaimana mengatasi permasalahan sampah ini baik dari sisi pengelolaan, pengolahan sampai dengan bagaimana menyediakan tempat pengolahan sampah terpadu yang tidak mengganggu lingkungan. 

Memperhatikan kondisi tersebut serta berdasarkan Surat Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Nomor 660.1/08926 tanggal 26 Agustus 2022 perihal Permohonan Persetujuan Penetapan Lokasi Pembangunan TPST Regional Magelang, selanjutnya  pemerintah Provinsi Jawa Tengah membetuk Tim Persiapan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum di Jawa Tengah. 

Selanjutnya dikeluarkan pengumuman dengan nomor 590/0014330 tertanggal 7 September 2022 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu regional Magelang. Berkenaan dengan hal tersebut Pemerintah Provisi Jawa Tengah akan melaksanakan tahap persiapan pengadaan tanah bagi pembangunan Tempat Pengolahan Samapah Terpadu (TPSP) Regional Magelang yang akan dilaksanaan mulai bulan Agustus 2022 sampai dengan bulan September 2023.

Disampaikan Sekretaris Daerah Propinsi Jateng, Sumarno dalam pengumuman tersebut bahwa maksud pengadaan TPSP ini pertama adalah untuk menyediakan fasilitasi tempat pengolahan sampah terpadu secara regional untuk kepentingan umum di Kabupaten Magelang dan Kota Magelang; kedua untuk mengatasi permasalahan penanganan sampah di Kabupaten Magelang dan Kota Magelang.

Sedangkan rencana pengadaan tanahnya sendiri yang dibutuhkan untuk pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Regional Magelang seluas + 115.400 m° atau 15,54 Ha, yang berlokasi di desa Gandusari dan Rejosari Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Untuk lebih jelasnya pengumuman tentang persiapan pengadaan tanah Bagi Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu regional Magelang dapat dilihat sebagai berikut :


Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar