Pemkab Magelang Terima Lebih Dari 40 Ribu Proposal Ajuan Dana Stimulus Ekonomi

Dilihat 146 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menyebutkan pemerintah setempat menerima proposal bantuan stimulus ekonomi sebanyak 40.547 dari masyarakat.


"Proposal bantuan stimulus ekonomi yang sudah kita terima ada 39.000 lebih, namun dari data yang terakhir ada 40.547 proposal," ujar Basirul saat rapat stimulus ekonomi, di Ruang Command Center Setda Kabupaten Magelang, Rabu (18/11/2020).


Dengan kondisi keterbatasan jumlah personel Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, utamanya dalam pelayanan bantuan stimulus ekonomi (proses verifikasi dan validasi data), Basirul juga meminta bantuan kepada pemerintah desa dan aparat pemerintah kecamatan. Ia mengatakan, dari pengalaman sebelumnya masih banyak proposal masuk dari desa dan kecamatan yang campur aduk, bahkan salah alamat atau salah OPD.


"Jadi harus kita pilah dulu per kecamatan, kemudian kita pilah lagi per desa untuk mempermudah proses verifikasi dan validasi kemudian input data dan rekapitulasi. Ini kita akan alokasikan waktu dari tanggal 18-27 November 2020," ujarnya.


Basirul menjelaskan, tim dari Disdagkop UKM Kabupaten Magelang akan membawahi tim dari desa dan kecamatan. Akan dikirim dua personil dari Disdagkop yang mengampu di tingkat kecamatan.


Adapun tugas tim verifikator lapangan diantaranya, melakukan verifikasi dan validasi terhadap keabsahan ajuan proposal bantuan stimulus ekonomi pelaku usaha, menentukan jumlah bantuan yang akan diterima oleh calon penerima yang disesuaikan dengan pengayaan usaha, dan bertanggung jawab penuh atas hasil verifikasi dan validasi di lapangan.


"Tentunya semuanya harus dilakukan dengan sangat baik dan seksama agar benar-benar tepat sasaran," pungkas Basirul.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar