Pemkab Magelang Tanda Tangani MoU Smart City Dengan Pemkot Semarang

Dilihat 1783 kali
Pjs Bupati Magelang dan Walikota Semarang tanda tangani MoU Smart City, Senin (14/05)

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang tanda tangani MoU Kerja Sama Smart City dengan Pemerintah Kota Semarang, Senin (14/05). Penandatanganan MoU dilakukan Pejabat sementara (Pjs) Bupati Magelang, Tavip Supriyanto dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi di Situation Room Balai Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tavip menjelaskan kedatangannya ke Pemkot Semarang juga untuk melakukan studi tiru pengembangan Smart City di wilayah setempat.

"Tujuan kami adalah untuk ngangsu kaweruh atau belajar tentang promosi dan kreasi Kota Semarang. Mengembangkan apa yang ada di Kota Semarang dikembangkan di Kabupaten Magelang," ujar Tavip di sela penandatanganan kerja sama.

Kota Semarang dipilih karena dinilai telah berhasil menerapkan konsep Smart City yang memberikan berbagai kemudahan pelayanan di segala sektor publik dengan berbagai sistem pelayanan online, yakni konsep SMART : Systemic (terhubung oleh system), Monitorable (dapat mudah diawasi), Accountable (akuntabel dan terpercaya) oleh publik, Restructure (mengubah tatanan) serta time bound (memberi kepastian waktu).

"Tadi bersama Pak Walikota diajak keliling melihat betapa segala sesuatunya bisa kita lihat secara real time. PBB-nya berapa, bisnya berhenti dimana, jika kita ditelepon jalan yang rusak dimana, irigasi maupun bendungan atau segala seuatu itu bisa kita lihat. Sebagai Kepala Daerah, itu semua bisa kita lihat perkembangannya di Kota Semarang ini," lanjutnya.



Walikota Semarang ajak Pjs Bupati Magelang beserta Tim Smart City Kabupaten Magelang tinjau ruang kendali Smart City Kota Semarang, Senin (14/05)


Konsep yang telah diluncurkan, imbuh Tavip, ternyata mendapat respon positif dari masyarakat terkait pelayanan publik, selain itu berbagai manfaat seperti kemudahan, ketepatan dan kepercayaan mulai dapat dirasakan masyarakat maupun pelaku usaha.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik kerja sama Smart City antara Kota Semarang dengan Kabupaten Magelang.

"MoU tersebut bisa menjadi payung hukum bagi kerja sama kolaborasi kedua belah pihak. Inti dari Smart City yang dikembangkan di Kota Semarang adalah digitalisasi dan reformasi birokrasi. Smart City adalah upaya terobosan Pemerintah yang memberikan manfaat bagi masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut Hendrar mengatakan, Kota Semarang terus melakukan inovasi dengan fokus peningkatan pelayanan dan kesejahteraan publik.

"Jadi, MoU nanti akan mempertegas kerjasama dan yang terpenting adalah kita saling belajar mengajar mengenai segala sesuatu yang kita butuhkan di masing-masing wilayah," tutupnya.

Penandatanganan MoU Smart City Kabupaten Magelang dengan Kota Semarang merupakan tindak lanjut rangkaian Program Gerakan Menuuju 100 Smart City 2018 dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Selasa (08/05) lalu. MoU kerjasama Smart City memuat beberapa poin penting, diantaranya kerja sama sektor pertanian, teknologi dan transportasi.

Penandatangan MoU disaksikan Wakil Walikota Semarang, Sekretaris Daerah Kota Semarang, Plt Sekda Kabupaten Magelang dan Kepala SKPD kedua belah pihak.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar