Pemkab Magelang Siapkan 44,7 Miliar Untuk Tangani Covid-19

Dilihat 1562 kali
Assisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Asfuri didampingi Kepala Pelaksana BPBD Edy Susanto dan PLT Kabag Prokompim Nanda Cahyadi Pribadi

BERITAMAGELANG.ID -  Pemkab Magelang siapkan anggaran sebanyak Rp 44,7 miliar untuk penanganan Covid-19. Dana ini merupakan hasil dari penggeseran-penggeseran anggaran.


"Meskipun anggaran ada penggeseran, tidak boleh digunakan seenaknya. Semuanya berdasarkan ketentuan yang berlaku," demikian disampaikan Assisten administrasi Umum Setda kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Edy Susanto, dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan, Nanda Cahyadi Pribadi, di Ruang Command Center Pusaka Gemilang, Selasa (7/4/2020).


Asfuri memaparkan, untuk ketersediaan anggaran yang bisa digeser, awalnya atau tahap pertama adalah Rp 21,5 miliar. Dana ini berasal dari Dana Insentif Daerah (DID). Kemudian ditambah lagi Rp 5 miliar dan Rp 18,2 miliar dari DTT (Dana Tak Terduga).


"Sementara jumlahnya Rp 44,7 miliar. Ini terkait dengan anggaran yang telah dilakukan persiapan-persiapan. Misal terkait nanti tambah atau tidak, tentu nanti menyusul, sesuai dengan kebutuhan," kata Asfuri.


Ia menekankan, bahwa Bupati Zainal Arifin sangat concern, fokus, terkait dengan kegiatan ini. Harapannya, anggaran bisa tercukupi dengan baik. Caranya dengan melakukan relokasi anggaran. 


"Tentu yang bisa digeser, karena ini adalah bentuk komitmen Pak Bupati dalam rangka prioritas penanganan Covid-19 ini," tandasnya.


Sementara itu, Kasie Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Bar Kuncoro, menambahkan, warga Kabupaten Magelang yang berstatus ODP didominasi para pendatang atau pemudik.


Karena di kota sebelumnya mereka di rumahnya, di sini, status mereka adalah Orang dalam pemantauan (ODP). 


"Mereka rata-rata dari Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek)", ungkapnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar