Pemkab Magelang Siapkan 141 Tempat Tidur Untuk Pasien Covid-19

Dilihat 668 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin

BERITAMAGELANG.ID - Meski ada kecenderungan jumlah ODP dan PDP terus menurun, Pemkab Magelang terus melakukan langkah antisipasi. Masyarakat diminta disiplin menjaga jarak dan menggunakan masker.


"Pemkab bersama jajaran terus berupaya untuk mencegah dan.menangani penyakit mematikan itu. Juga meningkatkan kapasitas rumah sakit untuk menangani pasien Covid-19. Bagi PDP maupun ODP telah disiapkan 141 tempat tidur," kata Bupati Magelang, Zaenal Arifin, saat jumpa pers di Posko Covid-19 di Rumah Dinasnya, Senin (13/4/2020).


Sebanyak 141 tempat tidur itu, kata Bupati, terdapat di RSU Muntilan 26 tempat tidur, RS Merah Putih 88 tempat tidur, RS Candi Unggul Grabag ada lima, di RS Menoreh Salaman ada enam tempat tidur, di RS Syubanul Wathon ada 10 dan di RS Aisiyah Muntilan ada enam tempat tidur.


Selain hal tersebut, Pemkab Magelang juga telah menyiapkan anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 44,7 Miliar. Dana sebanyak itu berasal dari Dana Intensif Daerah Rp 21,5 M dan Rp 23,2 M dari belanja tidak terduga sesuai instruksi Mendagri nomor 1 tabun 2020.


"Pemkab juga telah menyiapkan program jaring pengaman sosial. Kemudian percepatan penyaluran dana desa untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. Menyiapkan APD bagi para medis serta terus melakukan pengawasan secara ketat para pendatang," jelasnya.


Dalam acara yang dihadiri sejumlah pejabat terkait, selebihnya Bupati memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para dokter, perawat, dan tenaga medis atas pengabdian dan dedikasi luar biasa yang berjuang di garda terdepan dengan risiko yang sangat tinggi dalam penanganan Covid-19.


"Mereka para pejuang kesehatan sekaligus kemanusiaan yang harus diberi dukungan penuh dalam menjalankan tugas yang sangat mulia itu," katanya.


Bupati juga turut berduka cita atas meninggalnya pasien dalam pengawasan (PDP).


"Semoga arwahnya mendapat tempat terbaik di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran serta ketabahan," katanya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar