Pemkab Magelang Segera Buka Lowongan 259 Formasi CPNS

Dilihat 19801 kali
Kantor BKPPD Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang segera membuka formasi lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Kebutuhan SDM saat ini menjadi sangat strategis di tengah era kebijakan moratorium yang sudah berlangsung beberapa tahun belakangan.

"Terkait dengan kebutuhan pemetaan kebutuhan prioritas tentu sudah kita usulkan beberapa saat yang lalu. Untuk itu Kabupaten Magelang usulkan sejumlah 250 kebutuhan formasi prioritas yang terdiri atas 161 tenaga kependidikan, 83 tenaga kesehatan, dan 6 tenaga pendukung infrastruktur," terang Kepala BKPPD Kabupaten Magelang, Erie Sadewo, SH di kantornya, Jumat (14/09).

Usulan tersebut ditindaklanjuti dalam Rapat Koordinasi di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta, dan Kabupaten Magelang mendapatkan kuota sebanyak 259 formasi CPNS, yakni 161 tenaga kependidikan, 83 tenaga kesehatan, 6 tenaga pendukung infrastruktur

"Ditambah 9 formasi khusus untuk tenaga honorer eks kategori II (Honorer K2), tentunya dengan persyaratan khusus," ungkap Erie.

Proses pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS mengikuti aturan yang berlaku secara nasional, yakni melalui Computer Assisted Test (CAT). Saat ini jumlah pegawai honorer K2 di Kabupaten Magelang berjumlah 625 orang.

Terkait persyaratan umum bagi pelamar CPNS di Kabupaten Magelang, Erie mengaku belum bisa menyebutkan secara rinci karena saat ini BKPPD masih dalam proses pembuatan draft-draft pengumuman penetapan formasi pengelompokan jabatan.

"Nantinya akan ditetapkan dengan Surat Ketetapan Bupati tentang Penetapan Kebutuhan Formasi 2018. Terdekatnya nanti juga akan ada pengumuman (kepada masyarakat)," imbuhnya.

Menurut rencana, pendaftaran secara online akan dibuka pada 19 September 2018. Para calon pelamar akan melewati beberapa tahapan, diantaranya Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang untuk Formasi Umum. Sementara Honorer K2 hanya mengikuti TKD.  

Dari 259 kuota CPNS, Pemerintah Kabupaten Magelang membuka kesempatan bagi kaum difabel untuk mendaftarkan diri.

"Daerah wajib memberikan ruang formasi untuk para difabel minimal satu persen dari total kuota formasi yang ditetapkan. Dan Bupati menetapkan ada dua kuota bagi kaum difabel," ungkapnya.

Erie mengaku, kuota penerimaan CPNS Kabupaten Magelang tahun ini tetap tidak sebanding dengan laju pensiun setiap tahunnya. Namun, semuanya kembali ke kesiapan daerah, berbagai aspek yang terkait, diantaranya kemampuan keuangan daerah.

"Namun dengan adanya pembukaan lowongan CPNS ini setidaknya menjadi sebuah alternatif upaya bersama untuk memenuhi kebutuhan prioritas atas formasi SDM yang selama ini terkena kebijakan moratorium," tutupnya.

Jumlah PNS di Kabupaten Magelang saat ini berjumlah 8.751 dan yang pensiun tahun ini sebanyak 437 orang. Pada 2014 Pemkab Magelang hanya mendapatkan kuota CPNS sebanyak 43 orang dan baru dibuka kembali tahun ini.

Semua ketentuan penerimaan CPNS Kabupaten Magelang berpedoman pada Permenpan Nomor 36 tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018. 

Editor Fany Rachma

10 Komentar

singgih arifin 17 September 2018 09:07
Sudah adakah formasi cpns kab magelang 2018?mohon di share kalau sdh ada
Komarodin 17 September 2018 08:50
Bagaimana nasib wiyata bakti penjaga sekolah dasar
samsul ridho 15 September 2018 09:09
minta formasi cpns nya dong min.. matursuwun
Mah Arif Adiyoto 14 September 2018 17:40
Tolong info lowongan kerja Magelang dan persyarat anya
Indah susanti 14 September 2018 13:15
Informasinya sangat membantu.

Tambahkan Komentar