Pemkab Magelang Teken Kerja Sama Smart City Dengan PT Telkom

Dilihat 2511 kali
Pejabat sementara Bupati Magelang didampingi Forkopimda dan Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang tanda tangani kesepakatan kerja sama Smart City dengan PT Telkom, Jumat (08/06)

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang menandatangani kesepakatan dengan PT Telkom tentang kerja sama pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan Program Smart City di Kabupaten Magelang. Penandatanganan dilakukan Pejabat sementara Bupati Magelang dan Manager PT Telkom Magelang yang membawahi eks Kedu, Vera Febrayanti di Kantor Radio Gemilang Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (08/06).

"Kami berharap bahwa kegiatan Smart City ini betul-betul akan segera diimplementasikan di Kabupaten Magelang," ujar, Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, usai menandatangani kerjasama dengan PT Telkom.

Dengan penerapan Smart City, nantinya seluruh pelayanan yang ada di Kabupaten Magelang dapat diberikan dengan mudah, murah, cepat, serta akurat bagi masyarakat.

"Harapan kami seluruh program-program dari SKPD yang terkait dengan IT, nanti bisa di-back up oleh PT Telkom. Karena di setiap desa itu sudah ada yang memiliki sistem keuangan desa, dimana sistem ini sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang bisa mendukung kinerjanya. Selain itu kita juga ada pelayanan informasi kepada masyarakat yang cepat dan akurat, dan ini menjadi sesuatu yang sangat penting," papar Tavip.

Selain itu, lanjut Tavip, sistem ini akan juga akan dikoneksikan dengan sistem pelayanan di kepolisian, salah satunya pelayanan SIM. Selain itu pelayanan perizinan, kesehatan, dan lainnya juga akan terintegrasi dalam satu sistem.

"Jadi nanti cukup dari rumah, masyarakat bisa mengakses berapa jumlah kamar kosong di rumah sakit, atau mengurus perizinan cukup dari desa saja dengan sistem IT yang kita terapkan,"

Sedangkan, Manager PT Telkom Magelang yang membawahi eks Kedu, Vera Febrayanti, menyebutkan, Smart City Pemkab Magelang telah disiapkan Master Plannya oleh Diskominfo dan sudah ada progressnya.

"Telkom dalam hal ini hanya membantu dalam percepatan saja, dari satu sisi, yakni infrastruktur, dimana infrastruktur yang terhubung di instansi-instansi akan kita ganti semua dengan fiber. Total di wilayah Kabupaten Magelang sebanyak 11.000 yang akan kita ganti aksesnya dari tembaga menjadi fiber. Targetnya akhir tahun ini sudah selesai semua," terang Vera.

Sementara Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang, Agus Liem menyebutkan sebanyak 9 SKPD telah siap menerapkan system Smart City guna memberi kemudahan dan percepatan pelayanan pada masyarakat.

"Jadi akan kita implementasikan secara bertahap, dan untuk saat ini 9 SKPD yang siap menerapkan Smart City di wilayah Kabupaten Magelang adalah Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, RSUD Muntilan, BPMPPT, BPBD, Dinas Pariwisata, Disdukcapil, dan Diskominfo sendiri," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar