Pemkab Magelang Kembangkan Layanan Informasi Melalui WhatsApp Gateway

Dilihat 924 kali
Foto ilustrasi: Freepik.com

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang tengah mengembangkan layanan informasi terbaru untuk masyarakat. Layanan tersebut bisa diakses melalui nomor whatsapp 0888-0290-7970. Melalui layanan Whatsapp Gateway ini masyarakat bisa mengakses berbagai informasi seputar Kabupaten Magelang.


"Saat ini informasi yang bisa diakses masyarakat diantaranya status zonasi Covid-19 hingga wilayah kecamatan. Ini adalah layanan buatan Diskominfo produk terbaru," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra Wacana, Selasa (12/1/2021).


Untuk mengakses layanan ini cukup mudah, ketik apa saja lalu kirim ke nomor whatsapp tersebut. Maka sistem akan menjawab jenis-jenis layanan yang bisa didapatkan, salah satunya zonasi corona.


"Misalnya ketik corona#zonasi#mertoyudan. Tunggu satu menit paling lama, nanti akan muncul seluruh desa yang ada di Kecamatan Mertoyudan, apakah wilayah itu termasuk kategori tidak terdampak, resiko sedang, atau resiko tinggi," imbuh Kepala Bidang Aplikasi, Informatika dan Statistik pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi.


Layanan ini baru dikembangkan selama satu minggu terakhir, ke depan diharapkan semakin banyak informasi yang bisa diakses menggunakan whatsapp gateway ini.


"Jadi info apapun boleh, tapi sementara yang dibangun kemarin baru untuk mengatasi corona ini, berkaitan dengan zonasi. Karena masyarakat bertanya-tanya, zonasi kelurahan saya itu apa sebenarnya," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar