Pemkab Magelang Gerak Cepat Bantu Balita Pneumonia

Dilihat 1897 kali
Capture screen cuitan netizen @iniMagelangKu melaporkan kondisi kesehatan balita Irenia asal Srumbung Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Melalui akun twitter @kominfomagelang, netizen melaporkan kondisi seorang balita berusia 4 tahun bernama Irenia Putri Ananda asal Dusun Dowalan Desa Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang mengalami gangguan kesehatan sejak lahir. 


Berdasarkan keterangan netizen @iniMagelangKu, Irenia sejak lahir sudah sering kritis, pernafasannya tergantung oksigen. Saat itu Irenia didiagnosa Laringi 8 Tipe 3 atau penyumbatan saluran pernafasan, Pneumonia yang dapat mengakibatkan gagal nafas sewaktu-waktu.




Cuitan akun twitter @iniMagelangKu


Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Kabupaten Magelang Retno Indriastuti, SKM, M.Kes. mengaku sudah mengetahui kondisi balita tersebut dan telah melakukan beberapa tindak lanjut untuk membantunya.


"Terhitung tanggal 1 April 2019, Jaminan Kesehatan keluarga tersebut telah dialihkan dari Kepesertaan Mandiri menjadi yang dibayarkan APBD Kabupaten Magelang. Kami juga memberi bantuan pinjam pakai genset dari PKDAC (Paguyuban Keluarga dan Anak Cacat) Kabupaten Magelang yang dapat digunakan jika mati listrik untuk alat bantu pernafasannya di rumah," jelas Retno melalui aplikasi pesan singkat pada Berita Magelang, Kamis (4/4/2019).


Kepala Bidang Rehabilitasi, Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinsos PPKB PPPA Dian Hermawan, S.Sos, M.Si. menambahkan, sejak 2018, keluarga Irenia juga sudah mendapat Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos RI.


"Pada 2018 juga telah mendapatkan Bantuan Sosial Terencana dari Pemkab Magelang sebesar Rp. 3.600.000. Sementara PMI Kabupaten Magelang juga memberi bantuan berupa sembako untuk keluarganya," papar Dian.


Dian melanjutkan, pada April ini akan dilakukan operasi lanjutan untuk alat pernafasan Irenia.


"Guna meringankan beban selama menunggu operasi, pihak keluarga juga dibantu Pemkab Magelang melalui anggaran Bantuan Sosial Tidak Terencana," tandasnya. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar