Pemkab Magelang Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Dilihat 1537 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat menjadi inspektur upacara peringatan Harkitnas ke-115 di halaman Setda Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023 yang mengangkat tema "Semangat Untuk Bangkit", di halaman Setda Kabupaten Magelang, Senin (22/5/2023). 


Dalam sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bupati Zaenal Arifin menyampaikan 115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala yang ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. 


Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur. 


"Organisasi Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia," kata Zaenal Arifin. 


Lebih lanjut, Zaenal menjelaskan pada 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut. 


"Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi COVID-19 selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama" ujarnya. 


Menurutnya, Harkitnas juga harus dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama antara Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa yang saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun. 


Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger.


Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi COVID-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045. 


"Mengutip perkataan dr. Soetomo, Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya," tutup Zaenal.


Hadir dalam upacara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto, Forkompimda, Kepala OPD, Kepala Instansi vertikal, ASN di lingkungan Setda Kabupaten Magelang, serta perwakilan siswa/siswi dan perwakilan Mahasiswa. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar