Pemkab Magelang Gelar Musrenbang RPJMD

Dilihat 81 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP meresmikan Musrenbang RPJMD di Pendopo drh. Soepardi, Setda Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) 2019-2024 di Pendopo drh. Soepardi Setda Kabupaten Magelang, Kamis (11/4).


"Kita sudah melaksanakan tahapan Konsultasi Publik, Pembahasan dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD bersama Ketua dan seluruh Wakil Ketua DPRD, dan telah melaksanakan Konsultasi kepada Gubernur Jawa Tengah," ujar Bupati di sela Musrenbang RPJMD.


Berdasarkan evaluasi dari Gubernur Jawa Tengah, lanjut Bupati, pihaknya telah melaksanakan penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD menjadi Rancangan RPJMD, yang pada saat ini menjadi materi utama penyelenggaraan RPJMD.


"Perlu kami sampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang RPJMD hari ini bisa dilaksanakan sebelum 75 hari pasca saya dan Wakil Bupati Magelang dilantik. Maka kami apresiasi setinggi-tingginya karena penyusunan RPJMD dapat kita laksanakan sesuai tahapan dan pelaksanaannya lebih cepat daripada yang diamanatkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017," ujarnya.


Tahapan selanjutnya paska Musrenbang RPJMD adalah penyempurnaan Rancangan RPJMD yang merupakan substansi utama dari Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Magelang tentang RPJMD. Setelah mendapat persetujuan DPRD akan disampaikan kepada Gubernur untuk dilakukan evaluasi.


"Sehubungan dengan rangkaian penyusunan RPJMD Kabupaten Magelang Tahun 2019-2024, kami mohon dukungan dari seluruh Ketua, Pimpinan dan Anggota DPRD, Kepala OPD, serta seluruh pemangku kepentingan agar hasilnya maksimal dan selesai tepat waktu," tandas Bupati.


Penyelenggaraan Musrenbang RPJMD bertujuan sebagai forum menjaring masukan, pemikiran, dan aspirasi masyarakat untuk penyempurnaan rancangan RPJMD.


Turut hadir dalam Musrenbang RPJMD yakni Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana, SE, Pj Sekda Drs. Adi Waryanto, Wakil Ketua DPRD Drs. Soenarno, jajaran Forkopimda, Kepala SKPD, instansi vertikal, perguruan tinggi, LSM, organisasi profesi dan masyarakat.


Dalam kesempatan tersebut juga digelar paparan dan diskusi arah kebijakan pembangunan provinsi Jawa Tengah tahun 2018-2023 dari Bappeda jawa Tengah, dan paparan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Magelang tahun 2019-2024 oleh Kepala Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang Drs. Sugiyono, M.Si dipandu Moderator Pj. Sekda Drs. Adi Waryanto.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar