Pemkab Magelang Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2023

Dilihat 1108 kali

BERITAMAGELANG.ID - Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Magelang Tahun 2023 digelar secara virtual dari Rumah Dinas Bupati Magelang dan Command Center Room, Kamis (13/1).


Bupati Magelang Zaenal Arifin mengucapkan terima kasih kepada Bappeda dan Litbangda dengan OPD terkait yang telah menyusun Rancangan Awal RKPD Tahun 2023. Secara teknis Bupati mengungkapkan dibutuhkan penjadwalan yang detail dan kontrol yang baik. Zaenal meminta, seluruh Kepala Perangkat Daerah serius memberikan dukungan dengan menaati jadwal yang telah disusun.


Menurutnya, kecermatan dalam penyusunan RKPD harus lebih ditingkatkan, sehingga semua program dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan lebih baik, tepat sasaran dan tepat waktu. 


"Dengan demikian konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan dapat tercermin dalam RKPD Tahun 2023 ini," ujar Bupati. 


Program, kegiatan dan indikator materi konsultasi publik ini berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2019-2024. 


Lebih lanjut, Zaenal menjelaskan, konsultasi publik ini bertujuan mendapatkan saran dan masukan serta menampung harapan dari seluruh stakeholders dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD.


"Untuk itu sumbangsih dari seluruh stakeholders sangat diharapkan," pesannya. 


Selaras dengan hal tersebut, penyusunan RKPD 2023 ini harus fokus dan lebih mempertajam pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Magelang Tahun 2019-2024. 


"Kami harapkan seluruh Kepala OPD mempersiapkan perencanaan tahun 2023 ini dengan sebaik-baiknya. Seiring penyederhanaan birokrasi, kami minta untuk meningkatkan komunikasi dengan seluruh jajaran internal dan eksternal sehingga koordinasi dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien," lanjutnya.


Zaenal meminta agar dalam penyusunan RKPD Awal Renja SKPD, seluruh Kepala Perangkat Daerah melakukan evaluasi atas pencapaian program, kegiatan dan sub kegiatan sesuai perubahan RPJMD di OPD masing-masing.


"Serta mengupayakan inovasi dalam rangka perbaikan dan peningkatan, baik dari tata cara pelaksanaan, manajemen waktu maupun pengendalian mutu," katanya.


Bupati juga minta OPD mencermati output dan outcome agar benar-benar mendukung percepatan pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Magelang. Mengidentifikasi dengan teliti lokus kegiatan dengan berpedoman pada perubahan RPJMD, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan dokumen pendukung lainnya. Hal ini juga harus dapat mengakomodir aspirasi dan usulan masyarakat.


Terakhir Zaenal juga mengingatkan kepada segenap Kepala OPD untuk lebih cermat dalam menyusun perencanaan termasuk tahapan/ sekuen pelaksanaan kegiatan, terutama untuk pembangunan yang memerlukan pendanaan besar dan melibatkan banyak pihak. 


"Apabila terdapat kendala dalam pelaksanaan program dan kegiatan segera dilaporkan untuk segera mendapatkan solusi. Sehingga target-target yang sudah ditetapkan pada perubahan RPJMD dapat kita capai, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, angka kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," tandasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar