Pemkab Magelang Dorong Kemudahan Pengajuan Izin Usaha Online

Dilihat 151 kali
BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang terus berupaya memberi kemudahan bagi para pelaku usaha dan penanam modal dalam menjalankan bisnisnya di wilayah ini. Salah satunya dengan memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis soal perizinan usaha dan pelaporan kegiatan penanaman modal.

Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan teknis ini merupakan langkah strategis dalam mendorong implementasi penyelenggaraan perizinan mandiri online, dan sebagai sarana pembekalan, penambahan wawasan dalam melaksanakan penyelenggaraan perizinan berbasis risiko (OSS RBA).

Demikian disampaikan Kabid Pengendalian, Data dan Pengaduan, L. Endang Ariyantini saat membacakan sambutan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang dalam acara Sosialisasi dan Bimtek Kemudahan Berusaha Bagi Pelaku Usaha yang digelar di Grand Artos Hotel Magelang, Selasa (21/9/2021).

"Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan informasi terkait kemudahan berusaha dengan sistem perizinan mandiri secara elektronik, juga bimbingan teknis tata cara pelaporan LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal) untuk meningkatkan investasi di Kabupaten Magelang," ujarnya.

Kegiatan bimbingan teknis pada hari ini juga sebagai upaya pembinaan kepada pelaku usaha terutama para investor baik PMA maupun PMDN di Kabupaten Magelang yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan realisasi investasi di daerah.

"Peningkatan realisasi ini berdampak pada peningkatan perekonomian di Kabupaten Magelang," harapnya.

Kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis ini penting dilakukan untuk membantu pengusaha memenuhi kewajibannya melakukan pengisian dan penyampaian LKPM secara online (daring) yang sesuai dengan sistem Online Single Submission (OSS).

"Setiap pengajuan izin berusaha melalui OSS secara otomatis wajib mengisi LKPM, sehingga perusahaan harus memiliki pemahaman tentang bagaimana tatacara mengisi laporan LKPM secara online," lanjutnya.

"Hal ini merupakan wujud kepedulian dan dukungan seluruh masyarakat, investor/pelaku usaha dan stakeholder terhadap pembangunan di Kabupaten Magelang, khususnya dalam pelaporan investasi," pungkasnya.

Sosialisasi dan Bimtek ini menghadirkan narasumber dari DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah soal LKPM online, DPMPTSP Kabupaten Magelang soal OSS RBA, serta DPUPR Kabupaten Magelang soal Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG).


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar