Pemkab Magelang dan Kulon Progo Tanda Tangani Kesepakatan Kerja Sama

Dilihat 164 kali
BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang dan Kulon Progo menandatangani kesepakatan kerja sama di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Setda Kabupaten Kulon Progo, Senin (25/10).

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan kesepakatan bersama ini dilakukan karena melihat begitu banyak masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah yang harus diatasi dan dipenuhi, khususnya pada ruang lingkup kesehatan yang menjadi objek perjanjian kerja sama lintas batas ini.

Kerja sama di bidang kesehatan bertujuan untuk mewujudkan peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan bersama-sama tanpa terhambat oleh batasan wilayah administrasi. 

"Salah satunya yaitu, upaya penanganan, penyebaran serta pencegahan penyakit menular seperti malaria, yang mana Kabupaten Kulon Progo masih dinyatakan sebagai wilayah endemis malaria," kata Adi Waryanto.

Dengan demikian, lanjut Adi, Pemerintah Kabupaten Magelang mendukung upaya eliminasi malaria di Kabupaten Kulon Progo guna untuk memenuhi target yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan di mana Kabupaten Kulon Progo diharapkan mencapai eliminasi pada 2023. 

Upaya pengendalian malaria di Kabupaten Kulon Progo menemui beberapa kendala. Wilayah Kabupaten Kulon Progo berada dalam satu kesatuan epidemiologis daerah endemis malaria di perbukitan Menoreh dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo, sehingga mobilitas penduduk yang tinggi antar ketiga kabupaten tersebut menjadi salah satu sumber penularan malaria. 

Selain bidang kesehatan, kesepakatan bersama dalam ruang lingkup kerja sama lainnya yang tidak kalah penting adalah pengembangan sektor pariwisata. Selaras dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Magelang menyambut baik Candi Borobudur dicanangkan menjadi salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas, dari sekian banyak potensi wisata di Indonesia yang saat ini terus berbenah.

Kerja sama sektor pariwisata ini bukan tidak mungkin akan menguntungkan daerah yang bertetangga dengan Kabupaten Magelang seperti Kabupaten Kulon Progo dan Purworejo.

"Lebih-lebih saat ini Badan Otoritas Borobudur (BOB) sedang mengembangkan program pariwisata baru yaitu Pengembangan Zona Kawasan Borobudur Highland yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo," ungkap Adi.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengatakan penandatanganan kesepakatan bersama ini dilaksanakan karena kesepakatan bersama yang telah ditandatangani sebelumnya telah habis masa berlakunya pada 2020. 

"Kegiatan ini dilaksanakan juga dalam rangka program eleminasi malaria di Kabupaten Kulon Progo dan pencegahan penyakit menular lainnya, serta kegiatan pelayanan kesehatan di wilayah perbatasan Kulon Progo dengan Kabupaten Magelang maupun Purworejo sehingga juga dilaksanakan kerja sama antara tiga dinas kesehatan dari tiap Kabupaten tersebut," kata, Sutedjo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar