Pembuatan Film Sigupak, Kreativitas Para Guru Saat Pandemi

Dilihat 1574 kali
Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin saat syuting film Sigupak
BERITAMAGELANG.ID - Kelompok kerja guru (KKG) dari Lereng Gunung Merbabu membuat terobosan kreatif dengan memproduksi film pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Uniknya, film pendek tersebut mengambil tema lingkungan sekitar dengan melibatkan para guru, siswa hingga orang tua.

Sutradara sekaligus Ketua Divisi Perfilman KKG Pakis, Widiastuti mengatakan tokoh utama dalam film pembelajaran ini adalah Sigupak, singkatan dari Guru Pakis. Untuk kali ini Sigupak mengeksplor kerajinan batik Saniyya di Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang. 

"Jadi selama pandemi karena pembelajaran jarak jauh jadi kita membuat media pembelajaran agar bisa ditonton anak," kata Widiastuti, Kamis (25/3/2021).

Sebagai bintang tamu dalam episode ini adalah Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin. 

Istri Bupati Magelang ini beradu peran dengan talent para siswa dan guru KKG Gupak. 

Setiap proses pembuatan film KKG Gupak selalu menjalin kolaborasi dengan pihak pihak terkait yang ada hubungannya dengan mata pelajaran sekolah.

"Sekarang ini berkolaborasi dengan Ibu Bupati," ujarnya.

Film berdurasi 15-30 menit ini nantinya akan diunggah di channel Youtube Sigupak.

Ia menjelaskan film pembelajaran KKG Sigupak sudah tayang enam episode. Pertama tentang ekosistem, tentang hak dan kewajiban. Kemudian film ketiga tentang sesorah bahasa Jawa, keempat tentang undangan. Episode kelima tentang jarak waktu dan kecepatan, matematika. Kemudian episode yang sekarang tentang batik yang masuk dalam pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP).

Menurut Widiastuti dengan metode film ini efektif untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar. Karena anak bisa belajar sambil hiburan, nonton film tapi tak terasa materi mata pelajaran masuk, karena konsentrasi di materinya. 

"Materi esistensinya harus kena betul, tapi hiburannya juga kena, lucunya kena, pendidikan karakternya juga kena," ujarnya.

Widiastuti menambahkan, selain membuat vidio pembelajaran, kreativitas para guru ini juga mengangkat potensi paguyuban batik khas Kabupaten Magelang. Selain itu dalam film ini juga menunjukkan kepedulian pemerintah pada dunia pendidikan dan kerajinan.

Apresiasi diberikan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin yang menjadi bintang tamu film Sigupak ini.

Menurutnya, inisiatif guru dari Pakis ini penuh kreativitas untuk membuat bahan ajar menarik bagi siswa. Tematik yang dikemas dalam bentuk sandiwara yang nanti bisa dilihat dalam Youtube Sigupak ini tentu sangat unik dan sangat menarik sehingga menjadi media belajar yang tidak membosankan bagi anak.

"Anak-akan memperoleh ilmu dari situ. Sangat bermanfaat bagi anak dan bisa menghibur," ungkap Tanti di sela syuting bersama Sigupak.

Tanti berharap kreativitas Sigupak terus dipupuk lagi agar memperkaya bahan ajar dengan tema-tema potensi yang ada di Kabupaten Magelang.

"Terus dieksplor untuk potensi yang ada di Kabupaten Magelang. Terima kasih batik Magelang bisa diangkat dalam tema pembelajaran kali ini," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar