Pembangunan Gerbang Kapal Samudra Raksa Hampir Selesai

Dilihat 7974 kali
Mengusung ikon Kapal Samudra Raksa, pembangunan Gerbang Klangon hampir selesai

BERITAMAGELANG.ID - Pembangunan Gerbang Kapal Samudra Raksa di Klangon Kulon Progo DIY, perbatasan dengan Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang, sudah hampir selesai.


Pembangunan ini termasuk salah satu dari empat gerbang gapura pintu masuk kawasan wisata Borobudur sebagai destinasi prioritas program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).


"Baru gerbang (Kapal Samudra Raksa) tersebut yang sudah berdiri, karena proses pembangunannya lebih awal. Adapun gerbang lainnya baru mau dimulai pembangunannya," ujar Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, Minggu (29/11/2020). 


Di sekitar Gerbang Kapal Samudra Raksa juga akan dibangun rest area. Di lokasi tersebut pengunjung bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian melalui gardu pandang yang menempel di tebing sisi selatan Sungai Progo. 


Tiga gerbang lainnya adalah Gerbang Kembanglimus Borobudur dengan ikon Gajah; Gerbang Palbapang Mungkid dengan ikon Singa; Gerbang Blondo Mungkid dengan ikon Pohon Kalpataru. Setiap gerbang menggunakan ikon yang diambil dari relief Candi Borobudur. 


“Tiga gerbang yang baru mulai dibangun tersebut, selesai pembangunan pada akhir tahun 2021," terang Singgih. 


Empat gerbang tersebut berjarak 7 sampai 8 km dari Candi Borobudur. Akses empat gerbang tersebut akan dilewati wisatawan yang masuk ke Magelang khususnya ke kawasan Candi Borobudur. Pembangunan gerbang memakan anggaran Rp118 milyar.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar