Pembangunan Gerbang Kalpataru, Dua Sekolah Di Blondo Akan Digabung

Dilihat 3703 kali
Rencana pembangunan Gerbang Kalpataru Blondo, termasuk lokasi SDN 1 Blondo akan digabung dengan SDN 3 Blondo.

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang akan mengatur ulang dua sekolah, yakni SDN 1 Blondo Mungkid dan SDN 3 Blondo Mungkid menjadi satu SDN Blondo. Hal ini dilakukan karena lokasi bangunan SDN 1 Blondo akan menjadi bagian dari pembangunan Gerbang Blondo dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. 

Pada pertigaan Blondo Mungkid akan dibangun Gerbang Kalpataru, yang menjadi pintu gerbang ke kawasan Pariwisata Borobudur.

"Kedua sekolah tersebut akan diregrouping, dan namanya tidak lagi  SDN 3 Blondo, tapi angkanya dihilangkan menjadi SDN Blondo.

Untuk menampung siswa dari SDN 1 Blondo bangunan SDN 3 Blondo masih mencukupi," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin, Rabu (4/11/2020).

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jateng pada Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, menambahkan, pembangunan Gerbang Kalpataru di Blondo sedang dalam pengerjaan.

"Proses pembangunan sudah mulai, sudah tanda tangan kontrak pelaksana pada 7 Oktober 2020. Sudah dilakukan tahap pengukuran, pemasangan patok-patok dan segera dipagari dan pembangunan langsung dilaksanakan," ungkap Singgih.

Dalam pembangunan itu terdapat empat gerbang di empat titik. Untuk menyambut wisatawan dari arah Semarang yaitu di pertigaan Blondo akan dibangun gerbang dengan ikon Kalpataru. 

Kemudian akses wisatawan dari Yogyakarta yaitu di Palbapang akan dibangun gerbang dengan ikon Singa, di daerah Kembang Limus Borobudur akan dibangun gerbang ikon Gajah dan di daerah perbatasan Kabupaten Magelang dan Kulonprogo di Klangon, terdapat  gerbang degan ikon Samudera Raksa (Kapal Pinisi).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar