Pembangunan Gerbang Kalpataru Dimulai, Tugu Blondo Dibongkar

Dilihat 2202 kali
Proses pembangunan Gerbang Kalpataru Blondo Mungkid dimulai dengan merobohkan Tugu Blondo lama

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jawa Tengah pada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, mengatakan, Gerbang Kalpataru Blondo sudah mulai dikerjakan.


"Diawali dengan pembongkaran tugu di pertigaan Blondo pada Selasa (12/1/2021)," ujar Singgih, Rabu (13/1/2021).


Ia menambahkan, Gerbang Kapal Pinisi di Klangon perbatasan Kecamatan Ngluwar Magelang dengan Kulonprogo sudah jadi.


"Sedangkan Gerbang Singa di Palbapang Mungkid, sementara hanya pematangan lahan saja, pembangunan gerbang masih menunggu persetujuan Heritage Impact Assesment dari UNESCO," ungkapnya.


Selain itu, Gerbang Gajah di Kembanglimus Borobudur belum bisa dimulai karena masih menunggu persetujuan Heritage Impact Assesment dari UNESCO.


Dalam proses awal pembangunan Gerbang Kalpataru Blondo dilakukan pembebasan tanah di SDN 1 Blondo. Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang akan meregrouping dua sekolah dasar yaitu SDN 1 Blondo Mungkid dan SDN 3 Blondo Mungkid menjadi satu sekolah yaitu SDN Blondo. 


Lokasi bangunan SDN 1 Blondo akan menjadi bagian dari pembangunan Gerbang Blondo dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. 


"Selain itu juga dilakukan pembebasan tanah di Gereja Kapel Blondo Kristus Raja, yang juga sudah beres," terang Singgih.


Pengurus Gereja Kapel Blondo Kristus Raja, Agus, mengatakan, tanah seluas 72 meter persegi di halaman tempat ibadah itu sudah mulai digali untuk pembangunan Gerbang Kalpataru.


"Pihak Gereja sudah mendapat ganti rugi," kata dia.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar