Kumpulan Pemuda Pelita Magelang Usung Kedamaian

Dilihat 85 kali
Pengurus Pelita dan FKUB Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Sekumpulan pemuda Kabupaten Magelang dari berbagai agama membangun komitmen bersama dalam rangka membentengi konflik sosial agar tidak berubah menjadi konflik antar pemeluk agama.

Komunitas pemuda lintas agama bernama Pelita Magelang ini diprakarsai DPD KNPI bekerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Magelang mengusung misi perdamaian.

Pengurus Pelita Magelang dilantik oleh FKUB Kabupaten Magelang, Rabu (7/10/2020) di Kecamatan Mungkid.

"Pelita ini dibentuk sebagai upaya untuk mempererat persatuan dan kesatuan pemuda lintas agama," kata Ariyanto, Ketua KNPI Kabupaten Magelang, Kamis (8/10/2020) di tempat berbeda.

Jumlah pengurus yang dilantik sebanyak 15 orang merupakan perwakilan dari GP Ansor, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, Pemuda Muhammadiyah, Nasiatul Aisiyah, IPM, Muda Mudi Kristen, Pemuda Katholik, Pemuda Hindu dan Pemuda Budha.

"Harapan kami ke depan, akan semakin banyak yang bergabung di Pelita Magelang sehingga komunikasi pemuda lintas agama ini bisa berjalan baik," harapnya.

Dalam kepengurusan masa periode 2020-2022, Pelita Magelang dipimpin oleh Utomo yang merupakan perwakilan dari pemuda Budha.

"Kami berharap Pelita menjadi kepanjangan tangan FKUB dan media pengaderan bagi penerus FKUB di masa depan," ujar Utomo.

Ketua FKUB Kabupaten Magelang, Rahmat berharap Pelita Magelang bisa memberikan kesejukan di tengah-tengah pergaulan pemuda.

"Dengan demikian potensi konflik antar pemeluk agama semakin kecil," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar