Pelatihan Tenaga Kerja dan Kewirausahaan Makanan

Dilihat 280 kali

BERITAMAGELANG.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah mengadakan pelatihan tenaga kerja dan teknis kewirausahaan bidang pengelolaan makanan dan minuman di Balai Pelatihan Kesehatan Semarang (Bapelkes) Kampus Salaman, Kabupaten Magelang, Kamis (23/01/2020).


Acara ini berlangsung selama 4 (empat) hari pada 23-26 Januari 2020 yang diikuti 78 peserta. Pelatihan ini bertujuan memberikan ilmu keterampilan di bidang UMKM untuk masyarakat mustahik (orang yang berhak menerima zakat) produktif yang berada di eks karesidenan Kedu. 


Acara ini diisi oleh instruktur dari Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) di bawah naungan Kementerian Perikanan dan Kelautan, bakery dari Komunitas lapak Muslim Nasional, serta dibantu instruktur dari Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Jawa Tengah. Dimana komposisi pelatihan ini mencakup 20% teori dan 80% paktek.


Dalam kesempatan ini Bupati Magelang Zaenal Arifin diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Endot Sudiyanto menyampaikan pendampingan diberikan agar para mustahik bisa berdaya, berkembang menuju kemanfaatan, kemandirian.


"Dan akhirnya saudara-saudara kita para mustahik akan lebih mengangkat derajat kehidupannya serta diarahkan mampu berubah statusnya menjadi wajib zakat alias muzaki," ujarnya.


Paling tidak, lanjut Endot, mustahik yang baginya tidak punya usaha ataupun yang usahanya masih berskala mikro diharapkan bisa naik kelas menjadi skala kecil menengah bahkan besar dalam jangka waktu 3 hingga 5 tahun yang akan datang.


Ketua Pengelola Bidang Pelatihan Ketenagakerjaan BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, Rajimin juga berharap peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat menerapkan ilmu yang telah didapat dalam usahanya.


"Sekarang mustahik dibantu oleh BAZNAS zakat. Mudah-mudahan setelah dibantu ini berkembang, mereka berinovasi, kreatifitas, ilmu akan bisa diterapkan dimana usaha mereka. Sehingga diharapkan di kemudian hari yang bersangkutan bisa menjadi muzaki," harapnya.


Pelatihan ini dibuka secara simbolis dengan memberikan id card dan topi chef kepada peserta pelatihan oleh Ketua BAZNAS dan Kepala Disperinaker Kabupaten Magelang.


Acara pelatihan kali ini merupakan pelatihan angkatan ketiga, yang sebelumnya pernah dilakukan di wilayah Solo Raya. Dan rencananya pelatihan angkatan keempat akan diselenggarakan di Banjarnegara.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar