Pelatihan Survei Khusus Input Output Kabupaten Magelang 2019

Dilihat 1416 kali
Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, Sugiyono, membuka Pelatihan Survei Khusus Input Output (SKIO) 2019 di Ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang, Senin (15/7)

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) akan segera menyusun Tabel Input Output (IO) Kabupaten Magelang.


Sebelumnya, perlu dilakukan survei untuk mengetahui struktur pendapatan dan pengeluaran dari perusahaan/usaha dalam perekonomian, distribusi barang/jasa dan asal bahan baku yang akan digunakan dalam penyusunan tabel IO Kabupaten Magelang.


"Tabel Input Output Kabupaten Magelang ini perlu disusun sebagai bahan dalam pelaksanaan program dan kegiatan perencanaan pembangunan sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2019-2024," demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, Sugiyono, di sela Pelatihan Survei Khusus Input Output (SKIO) 2019 di Ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang, Senin (15/7).


Dengan adanya Tabel Input Output ini, lanjut Sugiyono, diharapkan dapat memberikan informasi untuk perencanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan dan sebagai tolok ukur keberhasilan pencapaian visi misi pembangunan.


"Di samping itu, Tabel Input Output ini dapat memberikan gambaran informasi struktur perekonomian, gambaran kebutuhan masyarakat, penyediaan dan distribusi barang-barang dari berbagai sektor ekonomi di Kabupaten Magelang," imbuhnya.


Beberapa variabel yang dicakup dalam survei ini diantaranya profil usaha, tenaga kerja dan balas jasanya, produksi dan biaya produksi, pendapatan lain, biaya balas jasa faktor produksi, biaya bahan bakar dan pelumas, listrik yang dibeli dan dibangkitkan, biaya-biaya lain serta margin transportasi.


Menurut rencana, Tabel Input Output Kabupaten Magelang akan dirilis pada akhir 2019. Pelatihan SKIO diikuti Mitra BPS, Bappeda Litbangda dan menghadirkan narasumber dari BPS Provinsi Jawa Tengah.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar