Cyber Crime, Pelatihan Penting Bagi Pengelola Website Pemerintah

Dilihat 56 kali
Pelatihan cyber crime bagi pengelola website SKPD se-Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas di Bidang Teknologi Informasi, Pelatihan Manajemen Informasi Web di Ruang Bina Praja, selama dua hari pada 12-13 Agustus 2019.


Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Sugiyono menyebutkan kegiatan ini sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan pada website SKPD.


"Melalui pelatihan ini diharapkan para pengelola website SKPD mampu mengelola website dengan baik dan benar serta meningkatkan wawasan kita agar lebih luas dan bermanfaat," ujarnya.


Salah satu materi utama dari pelatihan ini adalah tentang cyber security. Para peserta diajak untuk mengetahui lebih dalam dimensi cyber crime serta ranah hukum pidana.


"Kita sebagai birokrat jangan sampai bekerja tanpa sesuai aturan, sebab bila kita salah tapi sesuai aturan maka yang salah adalah aturannya," tandasnya.


Sugiyono berharap setelah mengikuti pelatihan ini, kapasitas SDM pengelola website mampu meningkat sehingga kualitas website SKPD jadi lebih informatif.


Pelatihan yang diikuti oleh 60 peserta pengelola website SKPD itu nenghadirkan pemateri dari AMIKOM Yogyakarta.


Materi hari pertama diisi pemateri dari AMIKOM Yogyakarta, Joko Dwi Santoso, yang memaparkan tentang Cyber Crime dan Computer Fraud.


"Peserta diajak untuk mengenali apa itu cyber crime, jenis dan tipe cyber crime yang ada, serta bagaimana cara mengenali dan mengidentifikasi resiko-resiko apa saja yang ditimbulkan oleh cyber crime," ungkap Joko.


Dalam kesempatan tersebut, peserta diberikan gambaran umum secara teori dan selanjutnya menganalisa secara langsung melalu simulasi dan praktek.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar