Pelari Asal Bandung Pecahkan Rekor Half Marathon

Dilihat 2721 kali
Para pemenang perempuan Half Marathon Bank Jateng Tilik Candi.

BERITAMAGELANG.ID - Pelari asal Bandung, Jawa Barat, Ai Kusmiarti berhasil memecahkan rekor dalam katagori Bank Jateng Tilik Candi, Half Marathon (21 KM)  yang berlangsung di Taman Lumbini Komplek Candi Borobudur Magelang, Minggu (13/11/2022). Ia mencatatkan waktu 1 jam 30 menit 05 detik. Pemecahan rekor ini sekaligus mendudukkan ia di podium nomor satu, disusul Julia dari Sekayu dengan waktu 01.40.54 dan Risa Wijayanti dari Kabupaten Semarang dengan catatan waktu 01.42.43.

Sementara itu, pelari putra juara satu diraih Khairullah dari Padang Panjang dengan catatan waktu 01.18.02, juara II Irwandi Fokatea dengan waktu 01.19.29, dan ketiga Wartono dari Blora dengan waktu 01.20.33.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapreasiai kegiatan Borobudur Marathon (Bomar) 2022 ini. Ia menilai pelaksanaan event nasional ini berjalan dengan bagus. Semua pelari terlihat senang dan sambutan masyarakat sangat luar biasa.

"Alhamdullilah berjalan dengan bagus, pelari senang, sambutan masyarakat luar biasa," katanya kepada wartawan.

Ia melihat suasana kangen sangat terasa yang terekspresikan dengan semangat para pelari. Di sisi lain, ia gembira karena tahun ini pecah rekor meski hanya satu orang. Pemecah rekor akan diberi stimulus dan diharapkan menjadi pembinaan atlet sehingga anak-anak muda siap untuk mengikuti ajang serupa di lain tempat dan memenangkan.

Half Marathon Bank Jateng Tilik Candi kali ini diikuti hampir 5 ribu peserta. Mereka berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Wakil Pimpinan Umum Harian Kompas, Budiman Tanurejo selaku penyelenggara Borobudur Marathon mengucapkan banyak terima kasih pada banyak pihak, seperti Pemprov Jateng, Pemkab Magelang, jajaran kepolisian, dan seluruh masyarakat yang rela berkorban menyediakan jalan untuk para pelari.

"Ini menjadi kontribusi yang luar biasa yang harus diapreasi," ujarnya.

Ia juga bangga karena lahir pemecah rekor di ajang ini atas nama Ai Kurmiarti.

"Tadi pak Ganjar dan Bank Jateng sudah memberikan janjinya untuk memberi apreasiai kepada pemecah rekor," katanya.

Sementara itu, para pelari setelah menyelesaikan larinya di garis finish langsung mendapat hiburan berupa konser dari penyanyi legendaris Iwan Fals. Iwan dengan grup band-nya menyanyikan beberapa lagu yang sudah tidak asing seperti Hio, Bento dan Kemesraan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar