KPU Lantik Anggota PPK Penambahan Pemilu 2019

Dilihat 1515 kali
Anggota PPK Penambahan dalam Pengambilan sumpah janji dan pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan, Penambahan pasca Putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018.

BERITAMAGELANG.ID - KPU Kabupaten Magelang melantik 42 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Aula Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Magelang, Rabu (02/01). 


Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffudin, S.Ag. mengatakan, sesuai dengan Putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018, bahwa anggota PPK harus berjumlah lima orang agar lebih mudah dalam melaksanakan tugas dan kinerjanya. 


"Sesuai dengan tema pelantikan, yaitu Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan, Penambahan pasca Putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018. 


Jadi sebelumnya anggota PPK berjumlah tiga orang, saat ini ditambah dua orang per kecamatan, jadi totalnya lima orang setiap kecamatan," ucap Afiffudin. 


Afiffudin menerangkan, pada pelaksanaan Pemilu 2014 anggota PPK masih lima orang, namun karena mengacu kepada UU No. 7 tahun 2017, maka pada Pilkada 2018 anggota PPK menjadi tiga orang personil.


"Ada yang mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi terkait anggota PPK, dan dikabulkan kembali menjadi lima orang. 


Dalam perekrutan anggota PPK tambahan ini, diambilkan dari 10 besar seleksi anggota PPK yang dulu. Dimana diadakan verifikasi kembali, dan bagi yang masih berminat serta memenuhi syarat bisa ditarik bergabung," lanjutnya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP berpesan kepada anggota yang baru dilantik dan diambil sumpah janjinya agar bekerja penuh dengan integritas dalam pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang. 


"KPU telah menyelesaikan satu tahapan, yaitu menambahkan anggota PPK dalam pelaksanaan Pemilu 2019. 


Kepada anggota PPK yang baru dilantik agar bekerja penuh integritas, sesuai dengan sumpah yang diambil, demi Tuhan YME, untuk mewujudkan Pemilu yang bersih dan bermartabat," tandas Bupati. 


Pelantikan tersebut dihadiri Forkopimda, Bawaslu Kabupaten Magelang serta tamu undangan lainnya. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar