Pelajar SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Juara Tiga Olympic Ahmad Dahlan

Dilihat 1293 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pelajar dari SMK Muhammadiyah 2 Muntilan meraih juara ketiga dalam event Olympic Ahmad Dahlan (OlympicAD) Jawa Tengah 2021.


Mereka adalah Khafifah Arum Sari dan Aprilia Nurul Hidayah yang menjuarai lomba business plan. Lalu Widya Prastiwi memenangkan lomba ekonomi. Mereka meraih juara ketiga pada masing-masing cabang lomba.


Widya Prastiwi, siswa kelas XII Perbankan Syariah merasakan persaingan di ajang OlympicAD sangat kompetitif. Pada cabang lombanya diikuti 51 peserta. Ia cukup puas berada di urutan ketiga. 


"Saat lomba saya sedikit gugup," kata dia.


Namun dia berhasil mengatasi permasalahan diri itu, sehingga mampu menyelesaikan soal-soal dengan baik.


Kepala SMK 2 Muhammadiyah Muntilan Untung Supriyadi berharap ketiga siswanya itu menjadi contoh bagi siswa lain untuk berprestasi. Mereka tidak hanya berprestasi secara akademik, namun juga berkarakter baik.  


Ia mencontohkan, Khafifah Arum Sari, yang sudah berani mencoba usaha online shop. Dia menyisihkan keuntungan dari berjualan untuk tambahan uang saku sekolah.


"Kalau dia punya uang sendiri, nggak minta uang saku lagi dari orang tua," ujarnya.


Aprilia Nurul Hidayah juga punya pengalaman yang kurang menyenangkan. Di awal program Kewirausahaan (KWU), orang tuanya meragukan pilihan Aprilia itu. Namun di sekolah, para guru memberikan bimbingan ekstra kepada Aprilia. Sehingga dia bisa membuktikan prestasasi dari apa yang ditekuninya itu.


"Ini mata pelajaran baru bagi saya, jadi saya nggak menyangka bisa menang, apalagi pesaingnya dari SMA-SMA yang notabenenya memang ada mapel ekonomi," tuturnya.


Pembimbing lomba, Jumarsih, bangga dengan ketiga siswanya itu. Karena jerih payah dan usaha selama mengikuti lomba tersebut membuahkan hasil. Sebagai pembimbing, dia memberikan pengarahan dan penguatan mental. Serta mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang lomba.


"Meski sudah juara, tapi harus menggali dan meningkatkan potensi diri untuk terus berprestasi," pesan Jumarsih yang juga Guru Kewirausahaan itu.


Olympiade Ahmad Dahlan (OLYMPICAD) Nasional VI merupakan ajang kompetisi untuk mengembangkan bakat dan minat siswa Sekolah/Madrasah di seluruh wilayah Indonesia yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Panitia Penyelenggara Majelis Dikdasmen PWM Jawa Tengah.


Kegiatan OLYMPICAD Nasional VI ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali, sementara Tingkat Provinsi dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Melalui berbagai cabang lomba, peserta OLYMPICAD akan diuji kemampuan, gagasan, dan keterampilannya dalam memecahkan masalah, serta kemampuannya membangun jaringan dalam bidang pendidikan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar