Pegawai dan Pengunjung Pemkab Magelang Wajib Scan QR Code PeduliLindungi

Dilihat 424 kali
ASN Pemkab Magelang melakukan scan QR Code sebelum masuk kantor

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang memberlakukan scan QR code aplikasi PeduliLindungi bagi seluruh pegawai dan pengunjung yang masuk dan keluar komplek Setda Kabupaten Magelang, mulai Selasa (16/11). Pemkab Magelang menggunakan platform PeduliLindungi untuk melakukan pemeriksaan (skrining) terhadap semua pegawai dan pengunjung yang masuk ke lingkungan instansinya.


Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Endra E. Wacana mengatakan Dinas Kominfo sudah menyiapkan QR code PeduliLindungi untuk seluruh OPD di Kabupaten Magelang sampai tingkat Kecamatan.


Menurut Endra, hal ini perlu disosialisasikan dengan baik agar pengunjung, terutama pada instansi pelayanan tidak kaget ketika diminta scan QR code PeduliLindungi.


"Perlu dijelaskan pentingnya scan QR code PeduliLindungi," ujar Endra di kantornya, Selasa (16/11).


Ia berharap aplikasi ini tidak mengurangi fungsi pelayanan terhadap masyarakat.


"Tapi aplikasi ini justru melindungi para pelanggan yang datang, sehingga meningkatkan fungsi pelayanan masyarakat," harapnya.


"Saya harap scan barcode yang nanti didistribusikan di tiap OPD ini dapat tersosialisasikan dengan baik, komunikasikan dengan para pelanggan, customer yang datang ke OPD, jangan sampai terjadi miskomunikasi," pesannya.


Endra menyebutkan, QR code PeduliLindungi sudah disiapkan hari ini, Selasa (16/11) dan mulai besok Rabu (17/11) akan didistribusikan ke OPD dan kecamatan.


"Mudah-mudahan ini nanti bisa berjalan lancar. Masyarakat justru terlindungi dengan aplikasi itu dengan scan QR code yang kita siapkan," pungkasnya.


"Kami menerapkan scan digital code (QR Code) yang terintegrasi dengan platform PeduliLindungi sebagai sarana untuk melakukan pemeriksaan dan pemantauan jumlah pegawai dan pengunjung dalam kantor," imbuh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Magelang, Eko Tavip Haryanto, saat dihubungi, Selasa (16/11).


Hal ini sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Penguatan Protokol Kesehatan Dalam Tata Kelola  Instansi Pemerintah Dalam Masa Pandemi Covid-19. Kemudian ditindaklanjuti dengan SE Sekda Kabupaten Magelang Nomor 061.2/3128/22/2021 Tentang Penguatan Protokol Kesehatan Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang.


Scan QR code aplikasi PeduliLindungi sudah diterapkan di sejumlah OPD di lingkungan Setda Kabupaten Magelang, diantaranya BKPPD, Bappeda Litbangda, serta Dinas Kominfo Kabupaten Magelang.


"BKPPD (salah satu) yang mencoba pertama menindaklanjuti alhamdulillah lancar, semoga ini menjadi salah satu ikhtiar kita dalam mencegah pandemi Covid-19 sesuai SE MenPANRB RI tentang Sistem Penyesuaian Kerja di lingkungan Perkantoran Pemerintah (SE MenPANRB Nomor 19 Tahun 2021 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN Selama PPKM Pada Masa Pandemi Covid-19)," ujar Eko Tavip.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar