Peduli Covid-19, Komunitas Jeep Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

Dilihat 1565 kali

BERITAMAGELANG.ID - Komunitas Parang Menoreh Jeep Adventure Magelang, mengadakan bakti sosial dalam rangka pencegahan Covid-19, bertema 'Mari Cegah dan Basmi Corona Dari Desa Untuk Indonesia', Senin (13/4/2020). Bakti sosial dilaksanakan di sekitar Candi Borobudur.


Sudah satu bulan lebih virus corona mengganggu aktivitas kita. Persebarannya semakin merajalela dan dikatakan bisa menyebar sangat cepat di banyak negara. WHO atau organisasi kesehatan dunia telah mengumumkan bahwa virus corona sudah dikategorikan sebagai virus yang bersifat pandemi.


"Karena itu, kita harus bergotong-royong membantu pemerintah," kata Ketua Parang Menoreh Jeep Adventure, Bayu Wijanarko.


Diakui, saat ini pemerintah telah dan terus melakukan langkah-langkah cepat untuk mengantisipasi beberapa dampak tersebut. Antisipasi ini tentu diharapkan mampu menekan grafik persebaran virus corona di Indonesia.


Pemerintah juga telah menekankan pentingnya kesadaran warga untuk menggunakan APD antara lain memakai masker saat berada di luar rumah untuk menghindari penularan virus corona. Namun imbauan memakai masker ini sepertinya masih dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat.


"Padahal masker sangat berguna untuk membantu mencegah penularan dan penyebaran corona," ungkapnya. 


Selain masker, kata Eko, ada juga hand sanitizer. Namun, hand sanitizer ini berguna hanya untuk keadaan darurat saja. Misalnya saat kita berada di luar ruangan dan benar-benar tidak ada sabun, maka jalan satu-satunya untuk membersihkan tangan adalah menggunakan hand sanitizer.


"Jadi perlu diingat bahwa hand sanitizer boleh digunakan saat benar-benar darurat saja," lanjutnya.


Berawal dari keprihatinan itu, dengan melihat masih banyaknya masyarkat yang keluar rumah tanpa menggunakan APD, pihaknya mengadakan baksos tersebut. Dengan melibatkan 25 orang dengan mengendarai enam unit Jeep wisata, mereka berkeliling membagikan bantuan untuk masyarakat umum yang membutuhkan.


Dalam baksos ini, mereka membagikan 1500 lebih masker dan hand sanitizer yang diproduksi sendiri untuk masyarakat Borobudur. Selain itu mereka juga akan melakukan penyemprotan desinfektan di area kawasan candi Borobudur.


"Dalam waktu dekat, juga kami sudah menyiapkan puluhan rice box yang akan kami bagi kepada masyarakat kecil seperti tukang becak dan lainnya," imbuhnya.


Camat Borobudur, Joni Indarto didampingi Waka Polsek Borobudur, AKP Winadi mengapresiasi kegaiatan tersebut.


"Semoga bantuan ini bisa menjadi inspirasi masyarakat Borobudur untuk lebih peduli dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Terakhir, mari bersama-sama cegah dan membasmi corona dari desa untuk Indonesia tercinta," imbuhnya. (Bag)


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar