Pedagang Di Pasar Muntilan Mulai Divaksinasi Covid-19

Dilihat 1241 kali
Pedagang di Pasar Muntilan divaksinasi Covid-19 di basement pasar tersebut

BERITAMAGELANG.ID - Pedagang di Pasar Muntilan divaksinasi Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti menjelaskan, vaksinasi dilaksanakan mulai 8 - 13 Maret 2021, namun hari Kamis (11/3/2021) libur. Sasaran terdaftar vaksinasi pedagang Pasar Muntilan pada hari Senin (8/3/2021) sebanyak 240 orang dan Selasa (9/3/2021) 273 orang.


"Selanjutnya vaksinasi dilakukan secara bertahap ke pasar-pasar besar tingkat kecamatan di Kabupaten Magelang. Jumlah vaksin disesuaikan dengan data usulan dari Disdagsar dan ketersediaan vaksin," ucap Retno, Selasa (9/3/2021).


Secara teknis, pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di basement Pasar Muntilan, dengan tenda penutup tempat vaksinasi. Ada lima meja pelayanan dari Puskesmas dan Rumah Sakit. 


"Pelayanan vaksinasi kami sesuaikan dengan area yang digunakan, di basement Pasar Muntilan sangat terbuka, sehingga perlu sekat saat suntik untuk jaga privasi penerima vaksin sekaligus persiapan bila ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)," terang Retno. 


"Data pedagang pasar yang di bawah Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang, sudah kami kirimkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. 


Untuk pedagang pasar desa koordinasinya di bawah Dispermades," terang Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Magelang, Basirul Hakim.


Salah satu pedagang buah Pasar Muntilan, Yupriyati mengaku sukarela divaksinasi karena demi kesehatan dan untuk memutus penyebaran Covid-19.


"Setelah divaksinasi, lengan agak pegal, tapi saya lega sudah divaksin. Sebelum divaksin tadi ditanya kondisi kesehatan oleh petugas dan layak untuk divaksin," kata Yupriati.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar