PDAM Siagakan Puluhan Ribu Liter Air Untuk Pengungsi Merapi

Dilihat 1165 kali
Bak-bak penampungan air telah disiapkan PDAM Tirta Gemilang, untuk lokasi pengungsian

BERITAMAGELANG.ID - PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Magelang menyiapkan 12 bak penampungan air sebagai antisipasi bertambahnya jumlah pengungsi Gunung Merapi. Sebanyak 12 bak berisi 2.000 liter itu, akan ditempatkan di sejumlah lokasi pengungsian.


"Sebanyak 12 bak itu, saat ini sudah kami set dan bersihkan. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, tinggal dibawa ke lokasi pengungsian," kata Direktur Utama PDAM Tirta Gemilang, Agus Tri Suharyono, Jumat (20/11/2020).


Selain bak penampungan air itu, kata Agus, pihaknya juga telah menyiapkan empat armada tangki, khusus untuk mensuplai air bersih ke lokasi-lokasi pengungsian. 


"Pengalaman erupsi 2010 lalu, jika terjadi ledakan jumlah pengungsi, kami juga telah siapkan beberapa antisipasi yang lain. Termasuk berkoordinasi dengan PDAM-PDAM sekitar terkait membantu suplai air ke lokasi pengungsian," lanjutnya.


Sebelumnya, saat BPPTKG menaikkan status Gunung Merapi dari waspada ke siaga pada 5 November 2020, pihaknya langsung melakukan droping air bersih ke beberapa lokasi pengungsian, diantaranya ke Balai Desa Banyurojo dan Mertoyudan. 


"Saat awal-awal kemarin, kami langsung kirim dua tangki air bersih ke Balai Desa Banyurojo dan Mertoyudan. Untuk saat ini, kami menunggu arahan dari BPBD. Hanya saja sewaktu-waktu dibutuhkan, kami sudah siapkan petugas dan armadanya. Kami siap dihubungi 24 jam," ungkapnya.


Selain itu, lanjut Agus, pihaknya juga siapkan air minum kemasan. 


"Berapa pun diminta, kami akan siapkan khusus untuk kebutuhan pengungsi. Untuk semua ini, kami akan selalu berkoordinasi dengan BPBD. Karena mereka yang menjadi koordinatornya," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar