PAUD HI Kabupaten Magelang Jadi Referensi Kota Bontang

Dilihat 1184 kali

BERITAMAGELANG.ID - Tim Pembelajar Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan di Kabupaten Magelang dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan terkait PAUD Holistik Integratif (HI) dan peran Bunda PAUD. Kunjungan kerja tersebut diterima Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (9/11/2022).


Ketua Rombongan Tim Pembelajar Kota Bontang, sekaligus Bunda PAUD Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur, Hapidah Basri Rase menyampaikan tujuan kunjungannya kali ini di Kabupaten Magelang untuk bersilaturahmi dan belajar mengenai PAUD HI, dimana sebagai referensi Bunda PAUD Kabupaten Magelang beberapa waktu yang lalu telah berhasil mendapatkan penghargaan anugerah kategori Wiyata Dharma Utama dan Bunda PAUD Kecamatan Sawangan mendapatkan penghargaan Teladan II dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.


"Maka kami dari Kota Bontang datang ke Magelang memohon untuk berbagai ilmu dan pengalaman yang telah dilakukan Bunda PAUD Kabupaten Magelang sehingga bisa mendapatkan penghargaan tersebut," ungkap Hapidah.


Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan salah satu upaya mewujudkan terselenggaranya PAUD HI, Pemerintah Kabupaten Magelang telah menerbitkan Peraturan Bupati Magelang Nomor 44 Tahun 2019 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di Kabupaten Magelang dan tersusunnya Rencana Aksi Daerah (RAD) PAUD HI Tahun 2020. 


Dalam rangka mengawal pelaksanaan RAD, PAUD HI Kabupaten Magelang juga telah membentuk Gugus Tugas PAUD HI yang beranggotakan dari OPD terkait. Gugus Tugas PAUD HI juga telah terbentuk di tingkat kecamatan untuk lebih mengoptimalkan layanan PAUD HI.


Menurutnya, keberadaan dan peran Bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya. Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi, bergandengan tangan dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang berpotensi mengembangkan layanan PAUD berkualitas.


"Terlaksananya PAUD HI di Kabupaten Magelang juga tak luput dari Peran Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Handayani dan atas dedikasinya pada tahun 2021, beliau mendapatkan anugerah Wiyata Dharma Utama dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Beliau juga mendorong Bunda PAUD kecamatan/desa untuk menjalankan perannya secara optimal dalam mendukung peningkatan layanan PAUD berkualitas di wilayah masing-masing," terang Nanda.


Selain itu, lanjut Nanda, intervensi lain dari Pemerintah Daerah dalam implementasi PAUD HI adalah memberikan dukungan dana dari anggaran Pemerintah Daerah kepada OPD terkait, salah satunya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 


Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah memberikan bimbingan teknis bagi Bunda PAUD desa dan Pendidik PAUD dalam penguatan kapasitas PAUD HI, pendampingan khusus bagi Lembaga-lembaga PAUD sasaran PAUD HI dengan memberdayakan fasilitator-fasilitator PAUD HI Kabupaten Magelang yang telah terlatih sebelumnya.


Dengan adanya perhatian yang serius terhadap anak usia dini, akan berdampak positif pada karakter anak di masa yang akan datang, sehingga kelak kita akan mempunyai pemimpin yang cerdas serta berbudi pekerti yang baik. 


"Oleh karena itu, marilah kita semua bersama-sama bergerak dan memberikan kontribusi untuk masa depan anak-anak kita," katanya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar