PAUD HI di Kabupaten Magelang Langkah Wujudkan Generasi Emas

Dilihat 2033 kali
Bunda PAUD Christanti Zaenal Arifin didampingi Plt Kepala Dsdikbud Kabupaten Magelang Endra Endah Wacana menyerahkan buku Rencana AKsi Daerah Terkait PAUD HI kepada Asisten Deputi Bidang PAUD, Dikdas, & Dikmas Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri dalam Forum Group Discussion (FGD) Pemetaan Potensi Indikator RAN PAUD HI Kabupaten Magelang di Balkondes Ngargogondo, Selasa (6/8).

BERITAMAGELANG.ID - Sebagai kelanjutan dari peneguhan pengembangan Holistik Integratif (HI) bagi anak usia dini, salah satu Mitra Bappenas bersama Asisten Deputi Kemenko PMK meninjau langsung pengembangan PAUD HI di wilayah Kabupaten Magelang.


"Jadi kami sudah tahu bahwa Kabupaten Magelang ini melaksanakan PAUD secara holistik dan kita lihat kegotongroyongan dari semuanya, dari pimpinan daerah, Bunda PAUD, OPD, PKK semuanya masuk dalam Gugus Tugas ini sama-sama aktif mewujudkan SDM yang berkualitas," ungkap Asisten Deputi Bidang PAUD, Dikdas, & Dikmas Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri di sela Forum Group Discussion (FGD) Pemetaan Potensi Indikator RAN PAUD HI Kabupaten Magelang di Balkondes Ngargogondo, Selasa (6/8).


Femmy sangat mengapresiasi Kabupaten Magelang karena jadi wilayah pertama di Indonesia yang sudah punya Rencana Aksi Daerah terkait PAUD HI. Ia menilai pimpinan daerah bersama Bunda PAUD Kabupaten Magelang mau bersinergi mewujudkannya.


"Jadi kami harapkan ini ditindaklanjuti dengan program yang nyata karena ujungnya masyarakat yang mengambil manfaat, anak kita yang sehat, cerdas, ceria berakhlak mulia ini tujuan kita, dan dimulai dari sini, diwujudkan dalam program yang nyata disinkronkan dengan program nasional," pesannya.


Femmy menambahkan, generasi emas bisa terwujud melalui tiga pilar, berawal dari PAUD HI salah satunya. 


"Yaitu kesehatan, pendidikan usia dini dan perlindungan dari kekerasan serta kesejahteraan usia dini. Istilahnya itu modal, fondasi generasi muda kita untuk masa depan," tandasnya.


Di kesempatan yang sama, Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin berharap melalui Rencana AKsi Daerah yang sudah disusun bisa memadukan semua SKPD agar berkomitmen dan menjadi tanggung jawab bersama di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. 


"Harapan kami dengan adanya Gugus Tugas berproses dengan Peraturan Bupati, nanti pengembangan anak usia dini di Kabupaten Magelang semakin baik dan berkualitas.


Sesuai tupoksi kami di PKK ada pengembangan Bina Keluarga Balita (BKB) dimana kami membina para orangtua untuk memberikan pendidikan baik dari sisi fisiologis, psikologis. Kemudian pengembangan PAUD holistik integratif ini kan juga terintegrasi dengan Posyandu dan BKB," kata dia.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar