BUMDes dan Balkondes Diharapkan Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dilihat 3378 kali
Trainer dan motivator Alfa Maulana beri pelatihan untuk para Kades dan pengelola BUMDes dan Balkondes di Borobudur, Jawa Tengah, Jumat (04/05)

BERITAMAGELANG.ID -  Ratusan Kepala Desa dan pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengikuti training membangun fikiran positif dan menciptakan peluang kerja di Balkondes Ngadiharjo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (04/05).

Pelatihan ini menghadirkan trainer dan motivator Alfa Maulana, yang mengatakan untuk membentuk positive mindset di benak masyarakat merupakan tantangan tersendiri. Penyampaian pun harus dengan cara yang mudah dimengerti dan mudah untuk kemudian dipraktekan para peserta. 

"Yang paling penting itu adalah kemauan terlebih dahulu. Kalau sudah mau, tentunya mereka akan berusaha untuk bagaimana caranya agar Balkondes ini dapat lebih berkembang, dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di sekitar Balkondes itu sendiri," kata Alfa.

Alfa melanjutkan, pihaknya akan mengajak warga desa untuk mengembangkan daerahnya, dan jangan sampai pihak luar yang lebih dulu mengembangkan daerah ini.

"Kami mengajak warga untuk lebih mandiri, agar nantinya daerah ini dapat dikelola sendiri. Sehingga tidak ada lagi pihak luar ataupun investor yang akan mengembangkan usaha di tempat ini, tapi warga setempat lah yang akan mengembangkan dan mengelola daerahnya sendiri," pungkas Alfa.

"Tujuan diselenggarakannya training ini untuk menumbuhkan optimisme warga desa, dan jiwa marketing mereka dalam mengelola Balkondes. Tentunya kali ini disampaikan dengan cara yang lebih mudah untuk dimengerti oleh warga desa," ujar PTH Direktur Utama PT Patra Jasa, Benny Ishanda, sebagai penyelenggara kegiatan 'Training Positive Mindset and How to Create Market'.

Kami berharap, lanjut Benny, di masa mendatang warga desa dapat mandiri serta lebih inovatif dalam mengembangkan Balkondes untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Upaya ini merupakan dari milestone yang sudah kami siapkan untuk pengembangan Balkondes. Dimana nantinya kami akan memberikan pelatihan-pelatihan terutama dalam pengelolaan homestay dengan standarisasi yang lebih disempurnakan, untuk menarik banyak wisatawan," lanjut Benny.

Kegiatan training tersebut diikuti sebanyak 80 peserta dari Kepala Desa, BUMDes, 29 pengelola Balkondes dan Homestay di kawasan Borobudur. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar