Pasien Positif Tambah Satu Dari Mertoyudan

Dilihat 5855 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, bertambah satu orang, Minggu (2/8/2020). Ia merupakan warga Kecamatan Mertoyudan, berjenis kelamin laki-laki usia 48 tahun. Sebelumnya, ia diketahui pulang dari Jawa Timur. Hasil swab tanggal 1 Agustus, diketahui positif dan saat ini dirawat di RSUD Tidar. Meski demikian, hari ini juga ada satu pasien positif sembuh dari Kecamatan Dukun.


"Satu pasien sembuh ini, berjenis kelamin perempuan usia 22 tahun. Ia dinyatakan sembuh, setelah hasil swab keduanya tanggal 2 Agustus, dinyatakan negatif. Sebelumnya, ia melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan dan desa. Dengan tambahan satu baru dan satu sembuh ini, maka jumlah akumulasi pasien positif menjadi 175 orang. Rinciannya, 16 dirawat, 5 menjalani isolasi mendiri, 148 sembuh dan enam meninggal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada tambahan dua pasien baru. Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan dan Muntilan. Meski demikian, ada dua PDP dinyatakan sembuh, dari Kecamatan Ngluwar dan Mertoyudan. "Hari ini juga ada tambahan satu PDP alih status menjadi positif, berasal dari Kecamatan Mertoyudan. Dengan demikian, jumlah akumulasi PDP saat ini menjadi 355 orang. Rinciannya 16 dirawat, 296 sembuh dan 43 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), ada satu yang lolos pantau, hanya saja ada tambahan dua yang dipantau. Sehingga total yang saat ini dipantau ada 13 orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar