Pasien Positif Covid-19 Naik Jadi 29 Orang

Dilihat 2589 kali
Rumah Sakit Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, bertambah lima orang, Jumat (7/8/2020). Tambahan lima positif ini, dua diantaranya berasal dari Kecamatan Secang, kemudian masing-masing satu orang dari Kecamatan Mertoyudan, Tegalrejo dan Grabag. Meski demikian, hari ini juga ada tiga pasien positif yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Sawangan, Mertoyudan dan Secang.


Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, tambahan lima positif baru ini, tiga diantaranya laki-laki dan dua perempuan. "Tiga laki-laki itu berasal dari Kecamatan Grabag berusia 40 tahun, Kecamatan Secang berusia 32 tahun dan laki-laki usia 44 tahun dari Kecamatan Mertoyudan. Untuk dua perempuan, berasal dari Kecamatan Tegalrejo usia 25 tahun dan 75 tahun dari Mertoyudan. Semuanya dinyatakan positif setelah hasil swab keduanya tertanggal 6 Agustus, dinyatakan positif," katanya.


Sementara tiga pasien positif yang sembuh itu, semua berjenis kelamin laki-laki. Terdiri dari usia 67 tahun dari Kecamatan Sawangan, usia 31 tahun dari Mertoyudan dan usia 18 tahun dari Kecamatan Secang. "Dengan tambahan lima baru dan tiga sembuh itu, jumlah total pasien positif menjadi 192 orang. Terdiri dari 22 dirawat, tujuh menjalani isolasi mandiri, 157 sembuh dan enam meninggal. Terkait adanya kenaikan kembali jumlah positif ini, masyarakat diminta untuk meningkatkan disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan selalu menggunakan masker," pintanya.


Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini juga ada penambahan empat baru. Tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Mertoyudan dan seorang warga Kecamatan Bandongan. Selain itu juga ada lima sembuh, berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Borobudur, Tempuran, Pakis dan Bandongan. Kemudian ada empat PDP yang alih status menjadi positif serta satu alih status domisili dari Kecamatan Mertoyudan ke Secang dan terkonfirmasi positif.


"Dengan tambahan empat PDP baru, lima pulang, empat alih status menjadi positif dan seorang alih status domisili itu, jumlah total PDP hari ini menjadi 373 orang. Terdiri dari 17 dirawat, 313 sembuh dan 43 meninggal. Sedang untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini ada dua yang lolos pantau, sehingga ODP yang dipantau tinggal 13 orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar